Manajemen Usaha Budidaya Tanaman Buah Melon (Cucumis Melo L.) untuk Menghasilkan Produk Pertanian Berkualitas di PT Tunas Agro Persada Boyolali

Ahmad Wildan Anshori, Hardian Ningsih, Raden Kunto Adi

Abstract

Budidaya tanaman yang dilakukan khususnya tanaman buah memiliki prospek yang menjanjikan, salah satu tanaman buah yang sering dikonsumsi masyarakat serta memiliki prospek dan kandungan yang baik untuk tubuh yaitu melon (Cucumis melo L.). PT Tunas Agro Persada merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pertanian khususnya budidaya tanaman hortikultura, perbenihan tanaman hortikultura, nutrisi tanaman, dan produk pertanian di Kabupaten Boyolali yang sudah bersertifikat. Maka peneliti ingin 1) memahami strategi manajemen pemasaran pada hasil budidaya tanaman buah melon (C. melo L.); dan 2) memahami dan mengetahui hasil analisis perhitungan usaha tani budidaya tanaman buah melon (C. melo L.) di PT Tunas Agro Persada Boyolali. Hasil penelitian didapatkan hasil 1) PT Tunas Agro Persada dengan melakukan strategi bauran pemasaran 4P yaitu product, price, place, dan promotion. Manajemen pemasaran yang dilakukan dimulai dari perencanan, implementasi, dan evaluasi (product, price, place, dan promotion).; 2) Hasil perhitungan analisis usaha tani melon kinanti didapatkan bahwa hasil yang dijalankan mengalami keuntungan dan efisien untuk dijalankan. Diharapkan PT Tunas Agro Persada dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk.

Keywords

Analisis Usahatani; Melon; Strategi Pemasaran

Full Text:

PDF

References

Badan Pusat Statistik. 2021. Persentase Tenaga Kerja Informal Sektor Pertanian (Persen) 2019-2021. Daryono, B. S., & Maryanto, S. D. (2018). Keanekaragaman dan potensi sumber daya genetik melon. UGM PRESS. Hapsari, D. M. S. (2021). TA: BUDIDAYA TANAMAN MELON (Cucumis melo L.) DI PT. GREAT GIANT PINEAPPLE. Politeknik Negeri Lampung. Huda, A. N., Suwarno, W. B., & Maharijaya, A. (2018). Karakteristik buah melon (Cucumis melo L.) pada lima stadia kematangan. Jurnal Agronomi Indonesia (Indonesian Journal of Agronomy), 46(3), 298–305. Husna, R. 2022. Dasar budidaya tanaman. Cetakan ke-1. Media Sains Indonesia, Bandung. Ishak, M. A., & Daryono, B. S. (2018). Kestabilan karakter fenotip melon (Cucumis melo L.‘Sun Lady’) hasil budidaya di dusun Jamusan, Prambanan, DI yogyakarta. Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi Dan Saintek), 118–125. Kotler, P., Amstrong, G., Adam, S., et al. 2014. Principles of Marketing. Cetakan ke-11. (B. Sabran, Ed.). Erlangga, Jakarta Kusumaningrum, S. I. (2019). Pemanfaatan sektor pertanian sebagai penunjang pertumbuhan perekonomian indonesia. Transaksi, 11(1), 80–89. Mohamad, R., & Rahim, E. (2021). Strategi bauran pemasaran (marketing mix) dalam perspektif syariah. MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah), 2(1), 15–26. Musfar, T. F. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran, Bauran sebagai Materi Pokok dalam Manajemen Pemasaran.Tangerang: Media Sains Indonesia Nahak, M. S., & Nubatonis, A. (2019). Analisis Pemasaran Pinang Mentah di PT. Timor Mitra Niaga Desa Wederok Kecamatan Weliman Kabupaten Malaka. AGRIMOR, 4(3), 34–37. Oscar, B., & Megantara, H. C. (2020). Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian produk muslim army. Pro Mark, 10(1). Purba, D. W., Thohiron, M., Surjaningsih, D. R., Sagala, D., Ramdhini, R. N., Gandasari, D., Wati, C., Purba, T., Herawati, J., & Sa’ida, I. A. (2020). Pengantar ilmu pertanian. Yayasan Kita Menulis. Shinta, A. (2011). Ilmu Usahatani. Malang. Universitas Brawijaya Press (UB Press).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.