Penerapan Bauran Pemasaran Produk Gula Semut Kelapa di PT Pradja Agro Indoland Kabupaten Purworejo

Maulana Hasan Yusuf, Joko Sutrisno

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan bauran pemasaran produk gula semut kelapa yang diproduksi dan dipasarkan oleh PT Pradja Agro Indoland di Kabupaten Purworejo. Periode pengumpulan data adalah bulan Januari 2023. Temuan kegiatan mengungkap bahwa tujuh aspek bauran pemasaran telah diterapkan oleh PT Pradja Agro Indoland. Metode pemasaran terdiri atas metode daring dan luring. Ruang lingkup dan jenis segmentasi pasar adalah lokal/domestik dan global/internasional. Harga produk adalah bervariasi mengikuti segmentasi pasar. Sumberdaya manusia perusahaan dapat mendukung semua proses pemasaran yang dilakukan. Oleh sebab itu, perusahaan dapat melakukan pelayanan kepada para konsumen baik melalui metode daring dan luring. Implikasi temuan kegiatan adalah perusahaan didorong untuk meningkatkan kualitas penerapan semua aspek bauran pemasaran untuk menciptakan konsumen loyal. Perusahaan juga sepatutnya meningkatkan standar kualitas produk baik standar domestik dan internasional.

Keywords

bauran pemasaran; gula semut kelapa; pasar lokal; pasar global

Full Text:

PDF

References

Abast, M. A., Koleangan, H. S., & Pontoh, J. (2016). Analisis Asam Lemak dalam Minyak Kelapa Murni Menggunakan Derivatisasi Katalis Basa. Jurnal MIPA, 5(1), 29-31.

Abdillah, W., dan Herawati, A. (2018). Pengaruh bauran pemasaran (7p) terhadap pengambilan keputusan siswa dalam memilih sekolah berbasis entrepreneur (Studi Pada SMA Muhammadiyah 9 Surabaya). Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi 2(2), 309-325.

Benyamin, A.P. (2019). Strategi bauran pemasaran (marketing mix strategy) di Pasarkita Pamulang. Jurnal Pemasaran Kompetitif 2(3), 1-9.

Dwinanda, G., dan Nur, Y. (2020). Bauran pemasaran 7P dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada industri retail giant ekspres Makassar. Jurnal Mirai Management 6(1), 120-136.

Imaniar, D., dan Wahyudiono, A. (2018.) Strategi pengembangan dan bauran pemasaran potensi komoditas kopi dalam rangka penguatan pasar produk pertanian secara integratif dengan sektor pariwisata di Kabupaten Banyuwangi. Journal of Applied Business Administration 2(2), 206–217.

Kaddas, F., Djumadil, N., Ikana, S. (2022). Analisis tingkat kepuasan konsumen terhadap produk gula kelapa di Desa Sidomulyo Kecamatan Wasile Timur Kabupaten Halmahera Timur. Jurnal Agribisnis Perikanan, 12(2), 578-586.

Khaddapi, M., Damayanti., dan Kaharuddin. (2022). Strategi digital bauran pemasaran 4p terhadap kinerja UMKM Kota Palopo. Jurnal Pemasaran Kompetitif 5(2), 157-168.

Mohamad, R., dan Rahim, E. (2021). Strategi bauran pemasaran (marketing mix) dalam perspektif syariah. Jurnal Ekonomi Syariah IAIN Sultan Amai Gorontalo 2(1), 15-26.

Murtini, A., Zamhari., dan Oktalina, G. (2019). Analisa bauran pemasaran 7P untuk menentukan strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan (Studi kasus pada homeindustry CV Melati Kota Pangkalpinang). Jurnal Progresif Manajemen Bisnis 6(4), 288-298.

Novilla, A., Nursidika, P., & Mahargyani, W. (2017). Komposisi asam lemak minyak kelapa murni (Virgin Coconut Oil) yang berpotensi sebagai anti kandidiasis. EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan) 2(2), 161-173.

Shareen, S., dan Andayani, N.R. (2018). Pengaruh bauran pemasaran (marketing mix) terhadap keputusan pembelian pada produk kara santan Pt EnsevalPutera Megatrading, Tbk. Journal of Applied Business Administration 2(1), 46-59.

Sutoni, A. (2020). Analysis of coconut supply chain as industry potential in Sula Islands Regency, North Maluku Province. Jurnal Media Teknik & Sistem Industri (JMTS) 4(1), 18-24.

Widharta, W.P., dan Sugiharto, S. 2013. Penyusunan strategi dan sistem penjualan dalam rangka meningkatkan penjualan Toko Damai. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra 2(1), 1-15.

Zulfadli, T. (2018). Kajian Sistem Pengolahan Minyak Kelapa Murni (Virgin Coconut Oil) dengan Metode Pemanasan. International Journal of Natural Science and Engineering 2(1), 34-41.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.