Studi Sistem Pemangkasan dan Aplikasi GA3 terhadap Hasil Buah Anggur Kultivar Belgi

Eddy Triharyanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pemangkasan dan aplikasi GA3 terhadap hasil buah anggur kultivar belgi. Penelitian ini dilakukan, di desa Glonggong, Gondang, Sragen, Jawa Tengah. Pada ketinggian tempat 78 m dpl. Dengan suhu rata-rata harian berkisar antara 25-30 derajat celcius. Jenis tanah regosol. Pelaksanaan penelitian dimuai pada bulan Agustus hingga Desember 2001. Penelitian ini disusun secara factorial dengan rancangan dasar rancangan acak lengkap dengan tiga kali ulangan. Adapun faktor perlakuannya adalah pemangkasan dan konsentrasi GA3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: sistem pemangkasan tidak memberikan pengaruh terhadap hasil buah anggur baik dari segi kuantitas maupun kualitasanya. Sedangkan pemberian GA3 konsentrasi 100 ppm dapat meningkatkan panjang malai bunga yang sangat berarti (meningkat hampir 2 kali dibanding panjang malai perlakuan kontrol); menurunkan jumlah biji per 100 g buah (menurunkan jumlah biji 43,58%); cenderung meningkatkan berat buah per tandan sebesar 33,37% dan jumlah buah per tandan sebesar 24,34%.

Keywords

Pemangkasan; GA3; Anggur; Kultivar Belgi

Full Text:

PDF

References

Baswarsiati. 1993. Adaptasi Varietas, Perkiraan Wilayah Pengembangan dan Potensi Pasar Anggur Harapan di Jatim, NTB. Sulawesi Tengah dan Timor Timur. Badan penelitian dan Pengembangan Pertanian. Sub Balai Penelitan Hortikultura Malang.

Malan, A.H. 1959. How to Prune Alphonso Lavalle Vines. Farming in South Africa. 34(12): 55-56.

Purnomo; Sudarmadi. 1987. Prospek Pengusahaan Anggur di Indonesia. Jurnal Litbang Pertanian. VI (3). Sub Balai Penelitan Hortikultura Malang.

Soegito dan Rebin. 1989. Pengaruh Cara Pemangkasan terhadap Produksi Anggur. Buletin Hortikultura. 26: 16-19.

Weaver. 1972. Plant Growth Substances. John Willey and Sons. New York.

Widodo dan Soegito. 1980. Petunjuk Singkat Bercocok Tanam Anggur. Lembaga Penelitian Hortikultura. Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.