Hubungan Antara Kecerdasan Adversitas dengan Kemalasan Sosial pada Siswa SMA MTA Surakarta
Abstract
Belajar kelompok atau tugas kelompok merupakan metode yang digunakan dalam pembelajaran di sekolah namun rentan muncul kemalasan sosial, yaitu kondisi individu mengurangi usaha ketika bekerja dalam kelompok dibandingkan bekerja sendiri. Salah satu faktor yang memengaruhi kemalasan sosial adalah kemampuan yang dimiliki oleh individu dalam menghadapi suatu rintangan maupun kesulitan yang sering dikenal dengan kecerdasan adversitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan adversitas dengan kemalasan sosial pada siswa SMA MTA Surakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik proportionate stratified random sampling dengan subjek penelitian 241 siswa SMA MTA Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif korelasional, dengan instrumen berupa skala kemalasan sosial (r=0,895) dan skala kecerdasan adversitas (r=0,814). Uji korelasi Pearson Product Moment, menunjukkan nilai koefisien korelasi (r) yang didapatkan adalah -0,205 (p 0,001, p<0,05). Dengan demikian, hipotesis penelitian ini diterima, yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan adversitas dengan kemalasan sosial pada siswa SMA MTA Surakarta dengan kategori yang lemah dan arah hubungan yang bersifat negatif.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
George, J. M. (1992). Extrinsic and Intrinsic Origins of Perceived Social Loafing in Organizations. The Academy of Management Journal, 35(1), 191–202. https://doi.org/https://doi.org/10.2307/256478
Handayani, P. G., Hidayat, H., Yuca, V., Febriani, R. D., & Yendi, F. M. (2023). Profil Kecerdasan Adversitas Siswa Berlatar Belakang Budaya Minangkabau. Jurnal Neo Konseling, 5(2), 38. https://doi.org/10.24036/00719kons2023
Ida, N. L. M., Sinarsih, H., & Simarmata, N. (2023). Kemalasan Sosial (Social Loafing): Faktor-Faktor Apa Yang Memengaruhi Mahasiswa Melakukannya? Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 334–344.
Katkar, K., Pratiwi, P. E., Purwaningtyastuti, & Savitri, A. D. (2022). Peningkatan Pemahaman Pentingnya Motivasi Diri Sebagai Upaya Mencegah Kemalasan Sosial Pada Siswa SMA. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 413–419. https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i2.37603
Mardiani, P. G., Hilal, I., & Agustina, E. S. (2017). Efektivitas Teknik Pemberian Tugas Terhadap Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMK. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 1–10.
Norrahman, M. F. (2020). The Role of Prosocial Behavior and Adversity Quotient Against Social Loafing in Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Amuntai. Eduinfo Media, 1(1), 16–25. https://doi.org/10.55756/eim.v1i1.42
Putrautama, G. A., & Prawitasari, J. E. (2020). Hubungan antara Kohesifitas dan Kemalasan Sosial pada Siswa SMA di Luar Jakarta. Suksma : Jurnal Psikologi Universitas Sanata Dharma, 1(2), 6–21. https://doi.org/10.24071/suksma.v1i2.3555
Santrock, J. W. (2012). Life Span Development - Perkembangan Masa Hidup (13th ed.). Penerbit Erlangga.
Shasliani. (2021). Implementasi Penerapan Metode Kerja Kelompok Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SD Inpres Kampus IKIP Kota Makassar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(2), 369–374. https://doi.org/10.26858/jkp.v5i2.20898
Stoltz, P. G. (2000). Adversity Question : Mengubah Hambatan Menjadi Peluang (Hermaya,T (ed.)). PT. Grasindo.
Sutanto, S., & Simanjuntak, E. (2015). Intensi social loafing pada tugas kelompok ditinjau dari adversity quotient pada mahasiswa. EXPERIENTIA : Jurnal Psikologi Indonesia, 3(1), 33–46. https://doi.org/10.1234/778
Zahra, Y., Eliana, R., Budiman, Z., & Novliadi, F. (2015). PERAN JENDER DAN SOCIAL LOAFING TENDENCY TERHADAP PRESTASI AKADEMIK DALAM KONTEKS PEMBELAJARAN KOOPERATIF Title in English: THE EFFECT OF GENDER AND SOCIAL LOAFING TENDENCY ON ACADEMIC ACHIEVEMENT IN THE CONTEXT OF COOPERATIVE LEARNING. Psikologia:Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 10(1), 1–9.
DOI: https://doi.org/10.20961/jip.v10i1.95461
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Zukhrifa Izzatur Rafi'ah, Afia Fitriani
We would like to thank the following organizations for their support :
Faculty of Psychology, Universitas Sebelas Maret

This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
rganiza


1.png)

