Hubungan antara Stres Akademik dan Dukungan Keluarga dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa selama Pandemi Covid-19

Hajjy Ar Rachma Prawiranegara, Arista Adi Nugroho

Abstract


Pandemi COVID-19 membuat perubahan dalam metode belajar-mengajar di perkuliahan dari yang biasanya luring menjadi daring. Perubahan tersebut membuat motivasi belajar mahasiswa menurun. Salah satu faktor penyebabnya yaitu stres akademik. Sehingga mahasiswa membutuhkan dukungan keluarga agar dirinya tidak mengalami stres dan motivasi belajarnya tetap terjaga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan antara stres akademik dan dukungan keluarga dengan motivasi belajar mahasiswa pasca pandemi COVID-19. Menggunakan teknik sampling purposive sampling, penelitian ini berhasil mengumpulkan 108 subjek penelitian yang mengisi tiga skala: skala MSLQ dengan aspek dari Duncan dan McKeachie (α = 0,823), skala DASS-42 dengan aspek dari Mumpuni dan Wulandari (α = 0,934), serta skala FSS dengan aspek dari Friedman (α = 0,917). Hasil analisis data uji simultan F ditemukan hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima (Fhitung > Ftabel, 15,112 > 2,69). Kedua variabel bebas memiliki hubungan yang signifikan dan cukup berarti atau sedang (r=0,473) dengan variabel terikatnya. Peneliti menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara stres akademik dan dukungan keluarga dengan motivasi belajar pada mahasiswa pasca pandemi COVID-19.


Keywords


dukungan keluarga; mahasiswa; motivasi belajar; stres akademik

rticle

References


Abbas, E. W., & Erlyani, N. (2020). Menulis di Kala Badai Covid-19. http://eprints.ulm.ac.id/10012/

Agtrianto, R.F. (2020). Hubungan Dukungan Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Semester VI Program Studi Keperawatan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas ‘Aisyiyah.

Desitasari, N. (2017). Hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan motivasi belajar pada siswa SMP. Doctoral dissertation. Surakarta: Universitas Muhammmadiyah. https://eprints.ums.ac.id/id/eprint/48351

Duncan, T. G., & McKeachie, W. J. (2005). The making of the motivated strategies for learning questionnaire. Educational psychologist, 40(2), 117-128. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1207/s15326985ep4002_6

Febrianti, E. P. (2021). Motivasi Belajar Menurun Imbas dari Covid-19. https://edarxiv.org/k2tgz/download?format=pdf

Friedman, M. M., & Bowden, V. R. (2010). Buku ajar keperawatan keluarga. Jakarta: EGC. http://kin.perpusnas.go.id/DisplayData.aspx?pId=339&pRegionCode=MANADO&pClientId=626

Handayani, M., & Usman, O. (2021). The Influence of Family Support, Adversity Intelligence, and Self Efficacy Towards Student Learning Motivation State University of Jakarta during the COVID-19 Pandemic. Adversity Intelligence, and Self Efficacy Towards Student Learning Motivation State University of Jakarta during the COVID-19 Pandemic. https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=3768121

Lovibond, P. F., & Lovibond, S. H. (1995). The structure of negative emotional states: Comparison of the Depression Anxiety Stress Scales (DASS) with the Beck Depression and Anxiety Inventories. Behaviour research and therapy, 33(3), 335-343. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/000579679400075U

Mentang, S. X., & Londa, M. T. (2019). The Effect of Stress on Students' Motivation in Faculty of Economics, Manado State University. Journal of International Conference Proceedings, 2(2), 188-195.

Mulawarman, M., Ariffudin, L., Rahmawati, A. I. N., Wibowo, M. E., Purwanto, E., & Munandar, A. (2018). Application of Android-Based Stress Meter as Stress Academic Indicator on College Student with Low Achievement Motivation. International Conference on Science and Education and Technology 2018, 307-313. Atlantis Press. https://www.atlantis-press.com/proceedings/iset-18/55910649

Muza, S.H., Muhammad, S., & Aliero, H.S. (2020). Academic Stress And Academic Motivation Among Undergraduate Students of Kebbi State University of Science and Technology, Aliero Kebbi State, Niegria. International Journal of Advanced Academic Research (Arts, Humanities, and Education), 6(12), 67-76

Nasution, N.C. (2018). Dukungan Teman Sebaya dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Dakwah, 12(2), 159-180. https://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/alhikmah/article/download/1135/680

Prasetyo, K. B., & Rahmasari, D. (2016). Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa. Jurnal penelitian psikologi, 7(1), 1-9. https://jurnalfpk.uinsby.ac.id/index.php/jpp/article/view/92

Procidano, M. E., & Heller, K. (1983). Measures of perceived social support from friends and from family: Three validation studies. American journal of community psychology, 11(1), 1-24. https://www.academia.edu/download/52470677/Procidano_Heller_1983.pdf

Puspitasari, D. B. (2013). Hubungan antara persepsi terhadap iklim kelas dengan motivasi belajar siswa smp negeri 1 bancak. EMPATHY Jurnal Fakultas Psikologi, 1(1). https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/123277

Puspitha, F. C., Sari, M. I., & Oktaria, D. (2018). Hubungan Stres Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Jurnal Majority, 7(3), 24-33. http://digilib.unila.ac.id/25280/

Ratelle, C. F., Larose, S., Guay, F., & Senécal, C. (2005). Perceptions of parental involvement and support as predictors of college students' persistence in a science curriculum Journal of Family Psychology, 19(2), 286. https://psycnet.apa.org/record/2005-06518-015

Ross, S. E., Niebling, B. C., & Heckert, T. M. (1999). Sources of stress among college students. College Student Journal, 33(2), 312-312. https://go.gale.com/ps/i.do?id=GALE%7CA62839434&sid=googleScholar&v=2.1&it=r&linkaccess=abs&issn=01463934&p=AONE&sw=w

Santrock, J. W., & Santrock, J. W. (2007). Psikologi Pendidikan edisi kedua. https://id.scribd.com/document/477394620/Psikologi-Pendidikan-Edisi-2-1-pdf

Saragih, M., Silitonga, E., Sinaga, T. R., & Mislika, M. (2021). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Motivasi Belajar Mahasiswa selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda, 7(1), 73- 77.

Setiadi, G. W. (2008). Konsep dan Proses Keperawatan Keluarga. Cetakan I. Jakarta: Penerbit Graha Ilmu. http://kin.perpusnas.go.id/DisplayData.aspx?pId=1086&pRegionCode=UNIHAOL&pClientId=143

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. https://elibrary.bsi.ac.id/readbook/205780/metode-penelitian-kuantitatif-kualitatif-dan-r-d

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta. https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=22862

Sujadi, E. (2019). Penerapan Play Therapy dengan Menggunakan Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Keterampilan Sosio Emosional. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(1), 14-24. https://www.researchgate.net/publication/339904345_PENERAPAN_PLAY_THERAPY_DENGAN_MENGGUNAKAN_PERMAINAN_TRADISIONAL_UNTUK_MENINGKATKAN_KETERAMPILAN_SOSIO_EMOSIONAL

Sujadi, E. (2021). Stres Akademik dan Motivasi Belajar Mahasiswa Mengikuti Pembelajaran Daring selama Pandemi COVID-19. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 4(1), 29-41. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EGCDJ/article/view/12679

Wlodkowski, R. J., Jaynes, J. H., & Widarto, N. S. B. (2004). Hasrat Untuk Belajar (Membantu Anak-Anak Termotivasi dan Mencintai Belajar). https://onesearch.id/Record/IOS3107.45428




DOI: https://doi.org/10.20961/jip.v9i2.77605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Hajjy Ar Rachma Prawiranegara



We would like to thank the following organizations for their support :
Faculty of Psychology, Universitas Sebelas Maret

This work is licensed under a

Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

rganiza