Hubungan antara adversity quotient dengan burnout syndrome pada mahasiswa magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Universitas Sebelas Maret

Farah Fauziyah, Munawir Yusuf

Abstract


Program magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang berlaku di Indonesia secara signifikan mempengaruhi performasi belajar mahasiswa. Mahasiswa akan memperoleh tanggung jawab serta tuntutan pekerjaan diluar tanggung jawabnya melaksanakan perkuliahan. Burnout terjadi pada mahasiswa sebagai bentuk respon dari adanya stres yang berlebihan. Dibutuhkan pengelolaan stresor yang baik berupa kemampuan adversity quotient. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara adversity quotient dengan burnout syndrome pada mahasiswa magang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Universitas Sebelas Maret. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey kuantitatif dengan subjek penelitian 138 mahasiswa magang MBKM periode 3 Universitas Sebelas Maret. Instrumen yang digunakan adalah skala adversity quotient (r = 0,876) dan skala burnout syndrome (r = 0,865). Berdasarkan hasil analisis data dengan metode korelasi pearson product-moment, nilai koefisien korelasi (r) yang didapatkan adalah -0,769 dengan taraf signifikansi (p < 0,05) yaitu senilai 0,000. Sehingga hipotesis penelitian ini diterima, yaitu terdapat hubungan antara adversity quotient dengan burnout syndrome pada mahasiswa magang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Universitas Sebelas Maret dengan kategori yang kuat dan arah hubungan yang berlawanan.


Keywords


adversity quotient; burnout syndrome; Merdeka learning-independence campus (MBKM)

rticle

References


Arifin, S. & Muslim, M. (2020). Tantangan Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pada Perguruan Tinggi Islam Swasta di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam AL-ILMI, 2 (1), 1-11. 10.32529/al-ilmi.v3i1.589

Espanola, R. P. (2016). Adversity Quotient (AQ) and Academic Performance of Selected Students in Msu Marawi City. Journal of Education, Psychology and Social Science Research, 61-66. 10.21016/MA09WF124O

Fadhila, S., Mudhiran, M., Gistituati, N. (2019). The contribution of the adversity quotient to the learning outcomes of students in middle school and the implications of counseling services. Journal of educational and learning studies, 2 (2), 65-70. https://doi.org/10.32698/0612

Fahira, A. & Zulfiana, U. (2022) Kontribusi adversity quotient terhadap student engagement pada pembelajaran blended learning di SMAN X Singosari. Cognicia, 10 (1), 34-41. 10.22219/cognicia.v10i1.20078

Freudenberger, H.J. (1974) Staff Burn-out. Journal of Social Issues, 30 (1), 159-165.

Jumareng, H. & Setiawan, E. (2021). Self esteem, adversity quotient and self-handicapping: which aspects are correlated with achievement goals? Cakrawala Jurnal Pendidikam, 40 (1), 147-157. 10.21831/cp.v40i1.37685

Maslach, C. & Jackson, S. E. (1981). The measurement of experienced burnout. Journal of organizational behavior, 2 (2), 99-113. 10.1002/job.4030020205

Maslach, C., Schaufeli, W. B., & Leiter, M. P. (2001). Job Burnout. Annual Review of Psychology, 397–422.

Maharani, Putri. (2016). Hubungan Adversity Quotient dengan Burnout pada Atlet Sepak Bola di Salatiga Training Centre (Undergraduate Thesis. Universitas Kristen Satya Wacana). Semantic Scholar.

Muarifah, A., Rofiah, N. H., Mujidin, M., Mohamad, Z. S., & Oktiani, F. (2022). Students academic procrastination during the COVID-19 pandemic: How does adversity quotient mediate parental social support? Frontiers in education, 1-11. 10.3389/feduc.2022.961820

Nathania, C. E. (2019). Hubungan antara Adversity Quotient dengan Burnout Syndrome dalam Penyusunan Skripsian pada Mahasiswa Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduated Thesis, Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Nugroho, Kelik Wahyu. (2020, Januari 24). Nadiem Luncurkan 4 Program Merdeka Belajar Perguruan Tinggi. Kumparan News.

https://kumparan.com/kumparannews/nadiem-luncurkan-4-program-merdeka-belajar-perguruan-tinggi-1shlB5gIfgs

Pangesti, Anggita Amalia. (2012). Pengaruh Konflik Peran terhadap Terjadinya Burnout pada Mahasiswa Koas. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologis (JPPP), 1 (1), 1-6. https://doi.org/10.21009/JPPP.011.01

Parvathy, D. U., & M, P. (2014). Relationship between Adversity Quotient and Academic Problems among Student Teachers. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 19(11), 23–26. https://doi.org/10.9790/0837-191172326

Pines, A. & Aronson, E. (2001) Career Burnout: Causes and Cures. New York : The Free Press.

Rad, Mostafa, Shomoossi, N., Rakhshani, M. H., & Sabzevari, M.T. (2017). Psychology Capital and Academic Burnout in Students of Clinical Majors in Iran. Acta Facultatis Medicine Naissensis, 34 (4), 311-319. 10.1515/afmnai-2017-0035

Sari, Rizkia Anggita. (2012). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursah Efek Indonesia. Nominal: Barometer Riset Akuntasi dan Manajemen, 1 (1), 124-140. https://doi.org/10.21831/nominal.v1i2.1002

Schaufeli, Wilmar. (2017). Chapter 5 Burnout a Social-Cultural History. Netherland: Utrecht.

Setiawan, E., Juliantine, T., & Komarudin, K. (2017, 18-19 October). Development creativity students through problem based learning model in physical education in reviewed of adversity quotient. Paper presented at the 2 nd International Conference on Sports Science, Health and Physical Education, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia. https:// doi.org/10.5220/0007066606110613.

Sopiansyah, D., Maruroh, S., Zaqiah, Q.Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4 (1), 34-41. 10247476/reslaj.v4i1.458

Stotlz, Paul G. (2000). Adversity Quotient: Mengubah Hambatan Menjadi Peluang (Adversity Quotient: Turning Obstacles Into Opportunities). Jakarta: PT. Grasindo.

Sugiyono. (2005). Statistika Untuk penelitian, Bandung: PT. ALFABETA.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Ulfa, M., Azuma, M., & Steiner, A. (2022) Burnout status of healthcare workers in the world during the peak period of the COVID-29 pandemic. Frontiers in psychology, 1-12. 10.3389/fpsyg.2022.952783




DOI: https://doi.org/10.20961/jip.v9i1.71315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Farah Fauziyah



We would like to thank the following organizations for their support :
Faculty of Psychology, Universitas Sebelas Maret

This work is licensed under a

Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

rganiza