Harapan dan Kecemasan Akan Masa Depan pada Mahasiswa Tingkat Akhir
Abstract
Mahasiswa tingkat akhir memiliki harapan serat beban berupa skripsi yang harus diselesaikan agar memperoleh gelar kesarjanaan. Skripsi tersebut yang kemudian akan memunculkan stres yang berujung pada kecemasan. Kecemasan tersebut dapat berupa kecemasan akan skripsi yang akan ia kerjakan serta kecemasan-kecemasan lain yang berhubungan dengan masa depan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara harapan dengan kecemasan akan masa depan pada mahasiswa tingkat akhir program studi Psikologi UNS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi yaitu mahasiswa tingkat akhir program studi Psikologi Universitas Sebelas Maret Surakarta. Responden penelitian berjumlah 57 responden yang didapatkan dengan teknik purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini berupa adaptasi dari skala harapan (α = 0,911) dan skala kecemasan akan masa depan (α = 0,953). Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah analisis korelasi Product Moment Pearson. Hasil uji hipotesis didapatkan nilai r = -0,648 dan p = 0,000 (p < 0,005). Hasil ini menunjukkan bahwa variabel harapan memiliki hubungan yang signifikan dan negatif dengan variabel kecemasan akan masa depan. Nilai 0,648 menunjukkan hubungan yang kuat antar variabel sedangkan tanda negative menunjukkan arah hubungan. Nilai r2 sebesar 0,42 yang berarti variabel harapan dan variabel kecemasan akan masa depan secara bersama-sama memberikan sumbangan efektif sebesar 42%.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Akbar, F. (2020, Desember 06). Apa Itu Quarter Life Crisis? Bagaimana Cara Kamu Menghadapinya? Retrieved from Satu Persen: Indonesian Life School: https://satupersen.net/blog/quarter-life-crisis-bagaimana-kamu-menghadapinya
Arnau, R. C. (2018). Hope and Anxiety. Michigan: Oxford University Press.
Arnau, R. C., Rosen, D. H., Finch, J., Rhudy, J., & Fortunato, V. (2007). Longitudinal Effects of Hope on Depression and Anxiety: A Latent Variable Analysis. Journal of Personality, 43-63.
Azhari, T., & Mirza. (2016). Hubungan Regulasi Diri dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja pada Mahasiswa Tingkat Akhir Universitas Syah Kuala. Mediapsi, II, 23-29.
Azwar, S. (2015). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Berk, L. E. (2012). Development Through The Lifespan (5th ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Chudacoff, H. P. (2019, September 08). Adolescence and Youth. Retrieved from Encyclopedia.com: https://www.encyclopedia.com/children/encyclopedias-almanacs-transcripts-and-maps/adolescence-and-youth
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Research Methods in Education (6th ed.). New York: Routllege Falmer.
Course, D. F. (2019). Adolescent Health and Development. Retrieved from World Health Organization; Regional Office for South-East Asia: http://www.searo.who.int/entity/child_adolescent/topics/adolescent_health/en/
Dacey, J., & Kenny, M. (1997). Adolescent Development. America: Times Mirror Higher Education Group. Inc. .
Feist, J., & Feist, G. (2010). Theories of Personality (7th ed.). (S. P. Sjahputri, Trans.) Jakarta: Salemba Humanika.
Hurlock, E. B. (2002). Development Psychology; A Life-Span Approach (Kelima ed.). (R. M. Sijabat, Ed., Istiwidayanti , & Soedjarwo, Trans.) Jakarta: Erlangga.
Hurlock, E. B. (2002). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (5th ed.). Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Jannini, T. B., Rossi, R., Socci, V., & Lorenzo, G. D. (2022, April 25). Validation of the Dark Future Scale (DFS) for Future Anxiety on an Italian Sample. Journal of Psychopathology, 86-93. Retrieved from https://doi.org/10.36148/2284-0249-457
Jantz, G. (2018, Juni 5). The Center Place of Hope. Retrieved from A place of hope: https://www.aplaceofhope.com/are-you-struggling-with-generalized-anxiety-disorder/
Kusuma, A. C. (2020, Oktober 27). Perbedaan Rasa Cemas (Anxiety) dan Takut Berlebihan: Dampak Bagi Kesehatan dan Cara Mengatasinya. Retrieved from Satu Persen: Indonesia Life School: https://satupersen.net/blog/cara-membedakan-rasa-cemas-dan-takut
Lazarus, R. (1976). Pattern of Adjustment and Human Effectiveness. Tokyo: McGraw Hill Kogakusha.
Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Matarneh, A. J., & Altrawneh, A. (2014). Constructing a Scale of Future Anxiety for the Students at Public Jordanian Universities. International Journal of Academic Research, 180-188.
NAD. (2019). Community and Culture – Frequently Asked Questions. Diambil kembali dari National Association of the Deaf: https://www.nad.org/resources/american-sign-language/community-and-culture-frequently-asked-questions/
Nauert, R. (2019, Oktober 21). Hope Can Aid in Recovery from Anxiety Disorder. Retrieved from Psych Central: https://psychcentral.com
Perwitosari, E., Karini, S., & Scarvanovi, B. (2019). Pengaruh Mendongeng terhadap Penurunan Kecemasan pada Anak Penderita Kanker. Personifikasi, 21-31.
Santrock, J. W. (2003). Adolescence - Perkembangan Remaja (6th ed.). Jakarta: Erlangga.
Santrock, J. W. (2012). Life-Span Development (13th ed.). (N. I. Sallama, Ed., & B. Widyasinta, Trans.) Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sarwono, S. W. (2015). Psikologi Remaja (Revisi ed.). Jakarta: Rajawali Pers.
Snyder, C. R., & Lopez, S. J. (2002). Handbook of Positive Psychology. New York: Oxford University Press.
Snyder, C. R., Rand, K. L., & Sigmon, D. R. (2002). Hope Theory. In C. R. Snyder, & S. J. Lopez, Handbook of Positive Psychology (p. 257). New York: Oxford University Press.
Stuart, & Sundeen. (2006). Keperawatan Psikiatri: Buku Saku Keperawatan Jiwa (5th ed.). Jakarta: EGC.
Suliswati. (2005). Konsep Dasar Keperawatan Jiwa. Jakarta: EGC.
Sutopo, H. B. (2002). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Zaleski, Z. (1996). Future Anxiety: Concept, measurement, and preliminary research. Personality and Individual Differences, 165-174.
DOI: https://doi.org/10.20961/jip.v7i2.64673
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Nita Oliviyanti Syuhadak, Hardjono, Zahrina Mardhiyah
We would like to thank the following organizations for their support :
Faculty of Psychology, Universitas Sebelas Maret
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
rganiza