HUBUNGAN KETERLIBATAN ORANG TUA DAN KETAKUTAN AKAN KEGAGALAN DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS XI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterlibatan orang tua dan ketakutan akan kegagalan dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI SMA Batik 1 Surakarta, dengan jumlah sampel 138 siswa melalui random cluster sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala prokrastinasi akademik, skala keterlibatan orang tua, dan skala ketakutan akan kegagalan. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan nilai Fhitung sebesar 46.592 (p<0,05) dan nilai R = 0.639. Nilai R2 adalah 0.408, menunjukkan total sumbangan efektif (SE) keterlibatan orang tua dan ketakutan akan kegagalan terhadap prokrastinasi akademik sebesar 40.82%, dengan SE keterlibatan orang tua sebesar 17.99% dan SE ketakutan akan kegagalan sebesar 22.83%. Secara parsial, terdapat hubungan antara keterlibatan orang tua dengan prokrastinasi akademik (p<0.05; rx1y = 0.412) dan terdapat hubungan antara ketakutan akan kegagalan dengan prokrastinasi akademik (p<0.05; rx1y = 0.467). Berdasarkan penelitian yang dilakukan, terdapat hubungan antara keterlibatan orang tua dan ketakutan akan kegagalan dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI SMA Batik 1 Surakarta, yang berarti semakin intens perilaku prokrastinasi akademik siswa, semakin tinggi juga keterlibatan orang tua dan ketakutan akan kegagalan pada siswa tersebut, demikian sebaliknya.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.20961/jip.v6i2.54479
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa
We would like to thank the following organizations for their support :
Faculty of Psychology, Universitas Sebelas Maret
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
rganiza