KH. Muntaha Al- Hafidz, Pelopor Pendidikan Islam Modern di Wonosobo Tahun 1962-2004

Lulu Febriana Damayanti, Sariyatun Sariyatun, Akhmad Arif Musadad

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Latar belakang kehidupan KH. Muntaha Al-Hafidz yang mempengaruhi pemikirannya di bidang pendidikan Islam. (2) Pemikiran KH. Muntaha Al-Hafidz tentang pendidikan Islam modern. (3) Peran KH. Muntaha Al-Hafidz dalam pengembangan lembaga pendidikan modern di Wonosobo tahun 1962-2004. (4) Dampak pemikiran KH. Muntaha Al-Hafidz dalam perkembangan pendidikan Islam tahun 1962-2004.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode historis guna dapat merekonstruksi peristiwa sejarah pada periode waktu tertentu. Penggunan metode historis dilakukan dengan melewati beberapa tahap yang terdiri dari heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Sumber data dalam penelitian terdiri dari sumber primer dan sekunder. Sumber primer yang digunakan berupa hasil wawancara dengan tokoh terdekat KH. Muntaha Al-Hafidz dan dokumen yang berkaitan dengan lembaga pendidikan yang didirikannya. Sumber sekunder yang digunakan berupa buku beserta jurnal yang memiliki keterkaitan dengan topik penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Latar belakang pendidikan, keluarga, sosial, dan ekonomi mempengaruhi pemikirannya dalam mengembangkan lembaga pendidikan Islam. (2) Pemikiran modernisasi Islam oleh KH. Muntaha Al-Hafidz menitikberatkan pada penggabungan ilmu pengetahuan umum dan agama dengan merujuk pada Al-Qur’an. (3) Pranan KH. Muntaha Al-Hafidz dalam pengembangan pendidikan Islam terlihat dengan didirikannya sekolah formal sebagai pendamping pendidikan pondok pesantren. (4) Pemikiran KH. Muntaha Al-Hafids akan modernisasi lembaga pendidikan Islam melahirkan tatanan sosial baru dalam masyarakat dan keterpaduan lembaga pendidikan Islam.

Keywords

Muntaha Al-Hafidz, pendidikan, Islam, modernisasi

Full Text:

PDF

References

A.Steenbrink, Karel. 1994. Pesantren Madrasah Sekolah Pendidikan Islam Dalam Kurun Modern. Jakarta: LP3ES.

Ahmad Syamsu Rizal. 2011. “Transformasi Corak Edukasi Dalam Sistem Pendidikan Pesantren, Dari Pola Tradisi Ke Pola Modern.” Ta’lim 9(Pendidikan Agama Islam):95.

Ahmad Zaini, Sujito, Endah Andayani. 2015. “Pengaruh Status Sosial Ekonomi Dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Minat Studi Lanjut Siswa Kelas XII Di MA Miftahul Huda Cendono Purwosari Kabupaten Pasuruan.” Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI) 9:1233.

Anas Salahudin, Acep Komarudin, Asep Andi Rahman. 2019. Sejarah Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Asry, Lenawati. 2019. “Modernisasi Dalam Perspektif Islam.” At-Tanzir: 10:127.

Atiqullah. 2013. Prilaku Kepemimpinan Kolektif Pondok Pesantren. Jember: Pena Salsabila.

Azyumardi Azra. 2003. Surau Pendidikan Islam Trdisional Dalam Transisi Dan Modernisasi. Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu.

Deswita. 2013. “Konsep Pemikiran Ibnu Sina Tentang Pendidikan Akhlak.” Ta’dib, 16:172.

Djunawir Syafar. 2017. “Teori Kepemimpinan Dalam Lembaga Pendidikan Islam.” Tabdir 5:152.

Elis Suyono, Samsul Munir Amin. 2004. Biografi KH. Muntaha Al-Hafidz Ulama Multidimensi. I. edited by Abu Anjali. Wonosobo: Kerja Sama UNSIQ dan PPTQ Al-Asy’ariyyah.

Faisal Kamal. 2021. Charismatic Leadership (Peranan, Pemikiran, & Pandangan Hidup KH. Muntaha Wonosobo). edited by Y. A. Nugroho. Wonosobo: Bimalukar Kreativa.

Kastolani. 2019. Islam Dan Modernitas: Sejarah Pembaharuan Islam Di Indonesia. Yogyakarta: Trussmedia Grafika.

Kuntowjoyo. 2017. Paradigma Islam Interpretasi Untuk Aksi. Yogyakarta: Tiara Wacana.

M. Hasyim, Abdullah Botma. 2014. Konsep Pengembangan Pendidikan Islam Telaah Kritis Terhadap Lembaga Pendidikan Madrasah Dan Pondok Pesantren. Makasar: Kedai Aksara.

Maimunah. 2017. “Kepemimpinan Dalam Prespektif Islam Dan Dasar Konseptualnya.” Al-Afkar 5:70.

Mastuhu. 1994. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS.

Muchotob Hamzah. 1991. Perkembangan Pesantren Al-Asy’ariyyah Dan Institut Ilmu Al-Qur’an Jawa Tengah Di Wonosobo. Wonosobo: IIQ Jawa Tengah.

Nugroho Notosusanto. 1984. Masalah Penelitian Sejarah Kontemporer. Jakarta: Inti Idayu Press.

Robingun Suyud El Syam. n.d. Profil Yayasan Al-Asy’ariyah Klibeber Wonosobo. Wonosobo: Yayasan Al-Asy’ariyah.

Samsul Munir Amin. 2010. KH. Muntaha Al-Hafizh Pecinta Al-Qur’an Sepanajang Hayat. Yogyakarta: LKiS.

Syafe’i, Imam. 2017. “Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter.” 8(I):61–82.

Syahminan. 2014. “Modernisasi Sistem Pendidikan Islam Di Indonesia Pada Abad 21.” Jurnal Ilmiah Peuradeun 02:249.

Taufik Abdulah. 1966. “Adat and Islam: An Examination of Conflict in Minangkabau.”

Toto Suharto. 2014. Filsafat Pendidikan Islam: Menguatkan Epistemologi Islam Dalam Pendidikan. edited by R. KR. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yusuf Al-Qardhawy Al-Asyi. 2016. Kepemimpinan Islam (Kebijakan-Kebijakan Politik Rasulullah Sebagai Kepala Negara Dan Kepala Pemerintahan). Banda Aceh: Yayasan PeNa.

Zaini Dahlan. 2018. Sejarah Pendidikan Islam Signifikansi Jejak Pendidikan Islam Bagi Pengembangan Pendidikan Islam Masa Kini Dan Masa Depan. edited by Muaz Tanjung. Medan: Widya Puspita.