Pelestarian Budaya Jawa Melalui Pembelajaran Kreatif di Desa Slogoretno Sebagai Wujud Gerakan Nasionalisme
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ermawan, 2017. Pengaruh Globalisasi Terhadap Eksistensi Daerah di Kebudayaan Indonesia. Jurnal Kajian Lemhannas Edisi 32.
Hermawanto, Ariesani & Anggraini Melaty. 2020. Globalisasi, Revolusi Digital dan Lokalitas: Dinamika Internasional dan Domestik di Era Borderless World. LPPM UPN VY Press, Yogyakarta.
Nahak, Hildigardis M.I. (2019). Upaya Melestarikan Budaya Indonesia di Era Globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 65-76.
Sendjaja, S. Djuarsa. 1994. Teori Komunikasi. Jakarta. Universitas Terbuka
Endah, Marwati. 2016. Memahami Indonesia Melalui Prespektif Nasionalisme, Politik Identitas, Serta Solidaritas. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 28(2), 1-5.
Zubair, M., Ismail, M., & Alqadri, B. (2019). Rekonstruksi Nilai Pancasila Dengan Pendekatan Local Wisdom Masyarakat Sasak Sebagai Upaya Penyelamatan Identitas Nasional Melalui Mata Kuliah Kewarganegaraan Di Universitas Mataram (Studi deskriftif di Nusa Tenggara Barat). Jurnal Ilmiah Pena: Sains Dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 1–8.
Al Hakim, R. R. (2021). Pencegahan Penularan Covid-19 Berbasis Aplikasi Android Sebagai Implementasi Kegiatan KKN Tematik Covid-19 di Sokanegara Purwokerto Banyumas. Community Engagement and Emergence Journal. 2 (1), 7-13
Asri, Buningsih. 2015. Pembelajaran Moral Berpijak pada Karakteritik Siswa dan Budayanya. Jakarta: Rineka Cipta , hal. 18.
Syaiful, Sagala. 2013. Memahami Organisasi Pendidikan: Budaya dan Reinventing Organisasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta, hal.111.
Liliweri, Alo . 2011 . Komunikasi Serba Ada Serba Makna . Jakarta : Kencana Prenada Media Group, hal. 98.
Suwarno, 2011. Strategi Pembelajaran Muatan Lokal Wajib Bahasa Jawa Di Sekolah Dasar. Jurnal llmiah Guru, Vol 2(5) : 21-27.