SOCIAL ENTERPRISE SEBAGAI PENDUKUNG STRATEGI BERTAHAN PASCA PANDEMI COVID-19 PADA MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN EKONOMI

Nida Hanifah

Abstract

Setelah pandemi global penyakit Coronavirus (COVID-19),menyebabkan banyak tatanan perekonomian dan sektor sosial pendidikan tinggi negri Indonesia mengalami perubahan sejak akhir tahun 2019. Keterbatasan model bisnis dan kebijakan di Indonesia telah terungkap. Pembatasan penutupan nasional dan internasional negara mencegah siswa internasional untuk Kembali memasuki negara Indonesia sehingga menghambat operasional siswa dan staff domestik. Namun, di tengah krisis ini, social entrepreneur berbasis ekonomi kreatif muncul sebagai pendukung strategi bertahan yang kuat dan inovatif. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi praktik terbaik yang dapat diadopsi oleh social enterprise berbasis ekonomi kreatif dalam menghadapi pasca pandemi COVID-19. Metode Penelitian ini menegtahui lebih dalam mengenai informasi dari literature review  pada social enterprise pasca pandemi. Hasil literature review bahwa usaha sosial lebih mengarah pada nilai-nilai sosial dan untuk kesejahteraan masyarakat. Studi ini memberikan kontribusi untuk menggali pemahaman mendalam tentang peran social enterprise berbasis ekonomi kreatif sebagai pendukung bagaiaman strategi bertahan pasca pandemi COVID-19 untuk mengasah kreativitas mahasiswa kewirausahaan ekonomi. Peluang baru yang di peroleh yaitu berfokus pada memberikan kegiatan praktikum ekonomi sosial seperti Bazar Kewirausahaan Sosial Kampus, Transisi Industri dan Pembelajaran Seumur Hidup, Inventarisasi Pengaturan Diri Remaja (ASRI).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.