Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Efikasi Diri terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS

Selvi Setiawati, Bambang Wasito Adi, Feri Setyowibowo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan efikasi diri terhadap intensi berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS; (2) Pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS; (3) Pengaruh efikasi diri terhadap intensi berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS.

            Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Populasi penelitian  ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS Angkatan 2018- 2019 yang berjumlah 168 mahasiswa dengan sampel 118 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah proportionate stratified random sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan angket/kuesioner secara online menggunakan google form.

            Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pendidikan kewirausahaan dan efikasi diri terhadap intensi berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS, dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 36,377 > 3,07. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pendidikan kewirausahaan terhadap intensi wirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS, dibuktikan dengan thitung > ttabel yaitu 4,585 > 1,981. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan efikasi diri terhadap intensi berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS, dibuktikan dengan thitung > ttabel yaitu 5,873 > 1,981.

Keywords

pendidikan kewirausahaan, efikasi diri, intensi wirausaha

References

Adam, A.-F., Fayolle, A., 2016. Can implementation intention help to bridge the intention–behaviour gap in the entrepreneurial process? An experimental approach. The International Journal of Entrepreneurship and Innovation 17, 80–88. https://doi.org/10.1177/1465750316648569

Ajzen, I., 2002. Perceived Behavioral Control, Self-Efficacy, Locus of Control, and the Theory of Planned Behavior 1. Journal of Applied Social Psychology 32, 665–683. https://doi.org/10.1111/j.1559-1816.2002.tb00236.x

Ajzen, I., Fishbein, M., 2004. The Influence of Attitudes on Behavior 50.

Ambarriyah, Siti Bekti. 2019. Efek Efikasi Diri Pada Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan, dan Kecerdasan Adversitas terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa. Economic Education Analysis Journal. Vol.8, No. 3, Hal. 1045-1060

Bandura, A. (1997). Social Learning Theory. Englewood Cliffs, NJ.: Prentice Hall.

Chang, Y.-Y., Wannamakok, W., 2019. Understanding Social Entrepreneurial Intentions: Entrepreneurship Education, Academic Major, and Planned Behaviors, in: 2019 Portland International Conference on Management of Engineering and Technology (PICMET). Presented at the 2019 Portland International Conference on Management of Engineering and Technology (PICMET), IEEE, Portland, OR, USA, pp. 1–11.

https://doi.org/10.23919/PICMET.2019.8893704

Fu’adi, Fadli, I., Eko, B., & Murdani. (2009). Hubungan Minat Berwirausaha Dengan Prestasi Praktik Kerja IndustriSiswa Kelas XII Teknik Otomotif SMK Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2008/2009. Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang. 9 (2), 92-98.

Hoang, G., Le, T.T.T., Tran, A.K.T., Du, T., 2020. Entrepreneurship education and entrepreneurial intentions of university students in Vietnam: the mediating roles of self-efficacy and learning orientation. ET 63, 115–133. https://doi.org/10.1108/ET-05-2020-0142

Krueger, N.F., Reilly, M.D., Carsrud, A.L., 2000. Competing models of entrepreneurial intentions. Journal of Business Venturing 15, 411–432. https://doi.org/10.1016/S0883-9026(98)00033-0

Nabi, G., Linan, F., Krueger, N., Fayolle, A., dan Walmsley, A. (2016), "The impact of entrepreneurship education in higher education: A systematic review and research agenda", Academy of Management Learning & Education, p. amle. 2015.0026.

Nasr, K. B. and Boujelbene, Y. (2014), "Assessing the impact of entrepreneurship education", Procedia-Social and Behavioral Sciences, Vol. 109, pp. 712-715.

Oosterbeek, H., van Praag, M., Ijsselstein, A., 2010. The impact of entrepreneurship education on entrepreneurship skills and motivation. European Economic Review 54, 442–454. https://doi.org/10.1016/j.euroecorev.2009.08.002

Santi, N., Hamzah, A., & Rahmawati, T. (2017). Pengaruh Efikasi Diri , Norma Subjektif , Sikap Berperilaku , dan Pendidikan Kewirausahaan terhadap Intensi Berwirausaha. Jurnal iIspirasi Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 63 74.Kuningan:Universitas Kuningan.

Sun, H., Lo, C.T., Liang, B., Wong, Y.L.B., 2017. The impact of entrepreneurial education on entrepreneurial intention of engineering students in Hong Kong. MD 55, 1371–1393. https://doi.org/10.1108/MD-06-2016-0392

Suhartini, Y. (2011). Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Dalam Berwirausaha (Studi Pada Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta). AKMENIKA UPY. 9(10), 44-47.

Tognazzo, A., Gianecchini, M., Gubitta, P., 2017. Educational Context and Entrepreneurial Intentions of University Students: An Italian Study, in: Jones, P., Maas, G., Pittaway, L. (Eds.), Contemporary Issues in Entrepreneurship Research. Emerald Publishing Limited, pp. 47–74. https://doi.org/10.1108/S2040-724620170000007008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.