Pengaruh Viral Marketing dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian Online di Shopee Pada Mahasiswa Universitas Sebelas Maret

Tri Rahayu, Khresna Bayu Sangka, Fery Setyowibowo

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui bagaimana pengaruh viral marketing dan online customer review terhadap keputusan pembelian online di shopee pada mahasiswa UNS.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan populasi yang digunakan adalah mahasiswa Strata-1 dan vokasi angkatan 2017- 2021 Universitas Sebelas Maret sejumlah 395 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner/angket. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dan analisis regresi moderasi (MRA).

Hasil yang terdapat dalam penelitian ini, mengungkapkan bahwa: viral marketing menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan yang telah dibuktikan dengan nilai sebesar 2,277 lebih besar dari 1,966. Online customer review menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dengan nilai sebesar 13,902 lebih besar dari yaitu 1,966. Secara Bersama-sama Viral marketing dan Online customer review memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.