Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian Impulsif pada Mahasiswa Universitas Sebelas Maret

Vivi Novita Sari, Khresna Bayu Sangka, Feri Setyo wibowo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh motivasi belanja hedonis terhadap keputusan pembelian impulsif, (2) mengetahui pengaruh promosi penjualan terhadap keputusan pembelian impulsif, (3) mengetahui pengaruh motivasi belanja hedonis dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian impulsif pada mahasiswa Universitas Sebelas Maret.

            Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan populasi yang digunakan adalah mahasiswa Strata-1 angkatan 2017- 2021 Universitas Sebelas Maret sejumlah 395 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner/angket online. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa motivasi belanja hedonis dan promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian impulsif.

Keywords

Pembelian impulsif, motivasi belanja hedonis, promosi penjualan

References

Afif, M., & Purwanto, P. (2020). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Gaya Hidup Berbelanja dan Promosi Penjualan terhadap Pembelian Impulsif pada Konsumen Shopee ID. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis, 2(2), 34. https://doi.org/10.47201/jamin.v2i2.51

Bandyopadhyay, N., Sivakumaran, B., Patro, S., & Kumar, R. S. (2021). Immediate or delayed! Whether various types of consumer sales promotions drive impulse buying?: An empirical investigation. Journal of Retailing and Consumer Services, 61, 102532. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2021.102532

CNN, I. (2020). Transaksi E-commerce Capai Rp 180,74 T per September 2020. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20201215150353-78-582406/transaksi-e-commerce-capai-rp18074-t-per-september-2020

Databoks. (2021). Penggunaan E-Commerce Indonesia Tertinggi di Dunia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/04/penggunaan-e-commerce-indonesia-tertinggi-di-dunia

Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen (SIkap dan Pemasaran). https://www.researchgate.net/publication/329587407.

Hursepuny, C. V., & Oktafani, F. (2018). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying pada Konsumen Shopee. E-Proceeding of Management, Vol. 5 No. 1.

Kimiagari, S., & Malafe, N. S. A. (2021). The role of cognitive and affective responses in the relationship between internal and external stimuli on online impulse buying behavior. Journal of Retailing and Consumer Services, 61, 102567. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2021.102567

Kotler, P., & Keller, K. (2012). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Kumparan. (2020). Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tahun 2020 Capai 196,7 Juta, Naik karena WFH. https://kumparan.com/kumparantech/jumlah-pengguna-internet-indonesia-tahun-2020-capai-196-7-juta-naik-karena-wfh-1uYnJ729dTL/full

Liao, Z., & Cheung, M. T. (2001). Internet-Based E-Shopping And Consumer Attitudes: An Empirical Study. Journal Of Information and Management, 38.

Novaldi, M. R. (2016). Pengaruh Promosi Penjualan dan Hedonic Shopping Motivation terhadap Impulse Buying pada Carrefour CBD Ciledug. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Jakarta.

Nurliyani, H., Safarina, F., & Nurizal, M. (2016). E-commerce. Universitas Gunadarma.

Parsad, C., Prashar, S., Vijay, T. S., & Kumar, M. (2021). Do promotion and prevention focus influence impulse buying: The role of mood regulation, shopping values, and impulse buying tendency. Journal of Retailing and Consumer Services, 61, 102554. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2021.102554

Rahmasari, L. (2010). Menciptakan Impulse Buying. 1(3), 13.

Rozaini, N., & Ginting, B. A. (2019). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Kontrol Diri terhadap Perilaku Pembelian Impulsif untuk Produk Fashion. NIAGAWAN, 8(1), 1. https://doi.org/10.24114/niaga.v8i1.12795

Sarbjit. (2020). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis terhadap Pembelian Impulsif pada Toko online di Instagram. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sumatera Utara.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam pemasaran. Ghalia Indonesia.

Sundström, M., Hjelm-Lidholm, S., & Radon, A. (2019). Clicking the boredom away – Exploring impulse fashion buying behavior online. Journal of Retailing and Consumer Services, 47, 150–156. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2018.11.006

Utami, C. W. (2017). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Salemba Empat.

Verhagen, T., & van Dolen, W. (2011). The influence of online store beliefs on consumer online impulse buying: A model and empirical application. Information & Management, 48(8), 320–327. https://doi.org/10.1016/j.im.2011.08.001

Zheng, X., Men, J., Yang, F., & Gong, X. (2019). Understanding impulse buying in mobile commerce: An investigation into hedonic and utilitarian browsing. International Journal of Information Management, 48, 151–160. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2019.02.010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.