Pengaruh Kontinuitas Belajar dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IIS SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2018/2019

Fatmawati Fatmawati, Baedhowi Baedhowi, Salman Alfarisy Totalia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui pengaruh kontinuitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar, 2) mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar, dan 3) mengetahui pengaruh kontinuitas belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas X IIS SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel adalah proporsionate random sampling. Jumlah sampel sebanyak 147 responden. Teknik pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi berganda sebesar Y = 15,928 + 0,274X1 + 0,322X2. Koefisien regresi bernilai positif artinya kontinuitas belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dan fasilitas belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) kontinuitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, (2) fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, (3) kontinuitas belajar dan fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar.Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kontinuitas belajar siswa serta didukung dengan fasilitas yang baik, maka akan meningkatkan prestasi belajar siswa.

Keywords

kontinuitas belajar, fasilitas belajar, prestasi belajar

References

Aqib, Zainal. (2013). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif).

Bandung: Yrama Widya.

Bafadal,Ibrahim. (2014). Manajemen Perlengkapan Sekolah : Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi

Aksara.

Basri, Hasan. (2015). Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. Bandung: Pustaka setia.

Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah. (2008). Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

------------. (2010). Guru dan Anak Didik: Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

------------. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

------------. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Grafika.

Hindrayani,A & Totalia,S.A. (2010). Teknik Pengolahan Data. Surakarta: UNS Press.

Mulyasa. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Mustaq, Irwan & Nawaz, Shabana. (2012). Factors Affecting Students Academic Performance.

Global Journal of Management and Business Research Vol 2 (9).

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana

Sekolah Menengah. (online).

Pribadi, Benny. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Fatmawati, Baedhowi, Salman Alfarisy Totalia BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi Vol. .. No. ..

Priyatno, Duwi. Cara Kilat Belajar Analisis data dengan SPSS 20. Yogyakarta: Andi Offset.

Purwodharminto. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rahmania, D & Rohayati, S. (2014). Pengaruh Minat, Kontinuitas, dan Fasilitas terhadap Hasil

Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 2 (2),

-11.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka

Cipta.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Jakarta: Depdiknas.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.