Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dipadu Talking Stick untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa SMK Batik 1 Surakarta pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Tahun Pelajaran 2018/2019

Agnes Indah Pratiwi, Soetarno Joyoatmojo, Jonet Ariyanto Nugroho

Abstract

The purpose of this study was to improve the student learning activeness of SMK Batik 1 Surakarta on Business Economics subjects through the Jigsaw cooperative learning model combined with Talking Stick. This study is a Classroom Action Research (CAR) conducted in 2 cycles. Each cycle consists of 4 stages, namely: (1) Action planning; (2) Implementation of Actions; (3) Observation or Observation; and (4) Reflection. The subjects of this study were students of class X OTKP 1 of SMK Batik 1 Surakarta with a total of 42 students. Data collection techniques are carried out through activities: (a) interviews; (b) observation; and (c) documentation. Data validity with source triangulation and method triangulation. Data analysis techniques with qualitative and quantitative data analysis. The results showed that through the application of the Jigsaw type cooperative learning model combined with the Talking Stick can increase student activity from pre-cycle to cycle I and from cycle I to cycle II. This is evident in the pre cycle, the percentage of student activity is 28.57%. The percentage of student learning activeness increased to 73.80% in the first cycle after the Jigsaw type cooperative learning model was applied combined with Talking Stick. The percentage of student learning activeness returns increased in the second cycle to 92.86%. The conclusion of class action research by applying the Jigsaw type cooperative learning model combined with the Talking Stick can increase the learning activeness of class X OTKP 1 students of SMK Batik 1 Surakarta on The Business Economic subjects in The school year 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa SMK Batik 1 Surakarta pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang dipadu dengan Talking Stick. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi https://jurnal.uns.ac.id/bise p-ISSN 2548-8961 | e-ISSN 2548-7175 | Volume ... Nomor … (Tahun)  Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Sebelas Maret Agnes Indah P., Soetarno Joyoatmojo, Jonet Ariyanto N. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi Vol. .. No... yaitu: (1) Perencanaan tindakan; (2) Pelaksanaan Tindakan; (3) Pengamatan atau Observasi; dan (4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X OTKP 1 SMK Batik 1 Surakarta dengan jumlah siswa sebanyak 42 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan: (a) wawancara; (b) observasi; dan (c) dokumentasi. Validitas data dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang dipadu dengan Talking Stick dapat meningkatkan keaktifan siswa dari pra siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hal ini terbukti pada pra siklus, presentase keaktifan siswa sebesar 28.57%. Presentase keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 73.80% pada siklus I setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang dipadu dengan Talking Stick. Presentase keaktifan belajar siswa kembali meningkat pada siklus II menjadi 92.86%. Kesimpulan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang dipadu dengan Talking Stick dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X OTKP 1 SMK Batik 1 Surakarta pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis tahun pelajaran 2018/2019

Keywords

jigsaw, talking stick, student learning activeness

Full Text:

PDF

References

Adams, F.H. (2013). Using Jigsaw Technique as an Effective Way of Promoting Cooperative Learning Among Primary Six Pupils in Fijai. International Journal of Education and Practice, 1 (6), 64-74. Aldoory, L., & Toth, E. (2004). Leadership and Gender in Public Relations: Perceived Effectiveness of Transformational and Transactional Leadership Style. Journal of Public Relations Research, 16, 157-183. Arends, R.I. (2008). Learning to Teach ; Belajar untuk Mengajar. Terj. Helly Prayitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Dimyati, & Mudjiono. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.Tobroni, M., & Mustofa, A. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Fujioka, K. (2005). Talking Stick: An American Indian Traditional in the ESL Classroom. The Internet TESL Journal, Vol. IV, No. 9, 1-6. Hamalik, O. (2005). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Kurniasih, I., & Sani, H. (2015). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena. Lie, A. (2004). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo. Mulyasa, E. (2006). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosda Karya. Pandey, N.N., & Kishore, K. (2003). Effect of Cooperative Learning on Kognitif Achievement in Science. Journal of Science and Mathematic Education in S.E Asia, 26 (2) , 52-60. Pidarta, M. (2009). Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta: Rineka Cipta. Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Sahin, A. (2010). Efect of Jigsaw II Technique on Academic Achievement and Attitudes to Written Ekspression Course. Educational Research and Review, 5(12), 777-787. Setyawati, D. (2011). Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Metode Talking Stick d alam Model Learning Cycle Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 5 Surakarta. Jurnal Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media. Silberman, M. (2005). 101 Strategi Pembelajran Aktif. Terj. Sarjuli, Adzfar, Ammar, Sutrisno, Zainal, Ahmad, et al. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani. Agnes Indah P., Soetarno Joyoatmojo, Jonet Ariyanto N. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi Vol. .. No... Sriyono. (1992). Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta. Sugiyanto. (2009). Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS. Sukmadinata, N.S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: AR-Ruzz Media. Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Suyono, & Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran : Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Winataputra, U.S. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka. Yamin, M. (2007). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.