ANALISA LAPORAN KEUANGAN PT. SIANTAR TOP, (PERSERO) TBK PADA TAHUN 2020

Audi Afiari Rakhmat

Abstract

Guna mendapatkan keuntungan yang maksimal, perusahaan harus memiliki strategi dan inovasi baru dalam memenangkan pasar dan melakukan evaluasi kinerja terutama dalam aspek keuangan. Perusahaan perlu memperhatikan kinerja keuangannya selama ini dikarenakan kinerja keuangan dapat memberikan gambaran tentang status perusahaan dan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi pihak internal maupun eksternal dalam pengambilan keputusan agar dapat menilai status keuangan. Kondisi tersebut membutuhkan penggunaan beberapa alat ukur. Sebagai acuan salah satunya menggunakan analisis rasio, berdasarkan masalah yang akan diteliti, maka tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis kinerja keuangan PT Siantar TOP, Tbk. Tahun 2020. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif. Analisis data yang digunakan deskriptif kuantitatif berupa analisis data yang didasarkan pada perhitungan untuk mengetahui kinerja keuangan dalam bentuk rasio keuangan. Adapun rasio keuangan seperti rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio aktivitas, dan rasio profitabilitas. Dari hasil perhitungan rasio dapat menunjukkan bahwa perusahaan memiliki kemampuan kinerja operasional yang baik maupun kurang baik.

Keywords

Kinerja Keuangan, Rasio Keuangan, PT Siantar TOP

References

Askarela, N. 2020. Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Pada PT. Kimia Farma Persero dan PT. Indofarma Periode 2015-2018. Skripsi. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Brigham, E. F., & Houston, J. F. 2013. Fundamentals of Financial Management (13th ed.). Mason: South-Western Cengage Learning.

Fabozzi, F. J., & Drake, P. P. 2009). Capital Markets, Financial Management, and Investment Management. Hoboken: Wiley.

Hery. 2014. Akuntansi Dasar 1 dan 2. Jakarta: Kompas Gramedia.

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan, Jakarta : Rajagrafindo Persada.

Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muhani, Adnyana, Alam and Yunus. 2020. Financial Performance Evaluation Approach to Financial Ratios (Study at PT ABC Year 2014-2018). Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (Jilid: 12, Terbitan 5, Halaman 422-439). Institute of Advanced Scientific Research.

https://www.idx.co.id/perusahaan-tercatat/laporan-keuangan-dan-tahunan/

Refbacks

  • There are currently no refbacks.