PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DI KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK BINA MANDIRI INDONESIA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015

Rizka Putri Nurhayati, Trisno Martono, Salman Alfarisy Totalia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel lingkungan belajar di kelas terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Bina Mandiri Indonesia tahun Pelajaran 2014/ 2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Bina Mandiri Indonesia tahun Pelajaran 2014/ 2015 dengan sampel sebanyak 49 responden. Penelitian ini menggunakan kuesioner WIHIC (What Is Happening In This Class) versi Indonesia. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner (angket).

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh secara simultan antara variabel kerjasama siswa, keadilan guru, investigasi siswa, keterlibatan siswa, kekompakan siswa, orientasi tugas, dan dukungan guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Bina Mandiri Indonesia Surakarta Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Hasil ini dapat diketahui melalui hasil uji F diperoleh nilai probabilitas sebesar (0,001). (2) terdapat pengaruh secara parsial antara variabel kekompakan siswa hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Bina Mandiri Indonesia Surakarta Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Hasil ini dapat diketahui melalui uji t variabel kekompakan siswa diperoleh nilai probabilitas sebesar (0,005).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.