PENERAPAN MODEL ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION (ARCS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PEMASARAN 1 SMK NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Ani Asiani, Harini Harini, Jonet Ariyanto Nugroho

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pengantar ekonomi dan bisnis pada siswa kelas X Pemasaran 1 di SMK Negeri 1 Surakarta melalui penerapan model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS).

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Pemasaran 1 SMK Negeri 1 Surakarta yang berjumlah 31 siswa. Sumber data berasal dari siswa, guru, data dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Teknik untuk kebasahan data menggunakan triangulasi sumber data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis secara kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar pengatar ekonomi dan bisnis. Peningkatan terjadi pada siklus I sebesar 72,58% pada motivasi belajar dan 65% pada hasil belajar, walaupun belum optimal. Pelaksanaan siklus II menyebabkan motivasi dan hasil belajar siswa mencapai kualifikasi sangat tinggi yaitu 85,60% pada motivasi belajar dan 87% pada hasil belajar.

Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar pengatar ekonomi dan bisnis kelas X Pemasaran 1 SMk Negeri 1 Surakarta.

Kata Kunci: ARCS, motivasi belajar, hasil belajar

 

Full Text:

PDF

References

Ahmadi, A. (2005). Strategi Belajar Mengajar.Bandung. Pustaka Setia

Farida, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit di Program Studi Teknik Informatika Stmik Duta Bangsa. Vol. 1 Nomor 5 Bulan Juni Tahun 2016.

Colakoglu, O.M & Akdemir, O. (2010). Motivational Measure Of The Instruction Compared: Instruction Based On The ARCS Motivation Theory V.S. Traditional Instruction in Blended Courses. Turkish Online Journal of Distance Education-TODJOE, 11 (2), 73-89.

Dahar,R.W., (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Erlangga

Hamalik. (2009). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Jihad, A & Haris, A. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Keller, J, M. (2010) Motivational Design For Learning And Performance: The ARCS Model Approach. New York: Springer.

Malik, S. (2014). Effectiveness Of ARCS Model Of Motivational Design To Overcome Non Completion Rate Of Students In Distance Education. Turkish Online Journal of Distance Education-TODJOE, 15 (2). 194-200.

Molaee, Z,. & Dortaj, F. (2014). Improving L2 Learning: An ARCS Instructional-Motivational Approach. Procedia: Social & Behavioral Science.(Pp 2).

Sugihartono., Fathiyah, K.N., Setiawati, F.A., Harahap, F., Nurhayati, S.R. (2007). Psikolog Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pres.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Suzuki, K., Nishibuchi, A., Yamamoto, M., & Keller, J.M. (2004). Development and Evaluation of Website to Check Instructional Design Based on the ARCS Motivation Model. Ministry of Education, Culture, Sport, Science and Technology: Grants-in-Aid for Scientific Research, 2

Refbacks

  • There are currently no refbacks.