Utilization of Microsoft Teams as an Online Learning Media at Universitas Sebelas Maret, Surakarta
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amelia Damayanti, D. M. (2020). Pengaruh Penggunaan Microsoft Teams dalam Mengikuti Pembelajaran Daring Bahasa Inggris Peminatan di SMA N 2 Semarang. Seminar Nasional Publikasi Hasil-hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Semarang (hal. 100-107). Semarang: Prosiding Seminar Nasional Unimus Vol. 3.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (2007). Qualitative research for education: An introduction to theories and methods (Fifth Edit). Boston, New York, San Francisco.
Cahyono, B., & Maghfirah, M. (2021). Implementasi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. At-Thullab, Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, volume 5 Nomor 1 Tahun 2021, 32-43.
Chandrawati. (2010). Pemanfaatan E-learning dalam Pembelajaran. Vol. 8 No.02.
Firman, & Sari. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal Of Educational Science (IJES), Volume 02 No 02.
Heinich, Molenda, & Russel. (1986). Instructional Media 2nd edition, USA: Jhon Wiley and Sons.
Kemendikbud, S. (2020). SE tentang pedoman pelaksanaan belajar dari rumah selama darurat covid-19 di Indonesia. Jakarta: -.
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan . Indonesian Language Education and Literature, Vol. 3, No. 01, Hal. 99-110.
Mendikbud. (2020). SE tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus diseases (Covid-19). Jakarta: -.
Microsoft. (2022). Melakukan transisi ke pembelajaran jarak jauh. https://www.microsoft.com/id-id/education/remote-learning.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook(Three Edit). SAGE Publications, Inc.
Mutaqinah, R. T. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring (Program BDR) Selama Pandemi Covid-19 di Jawa Barat. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Volume 6, Nomor 2, September 2020, hal. 86 - 95.
Nafisah, N. A., & Fitrayati, D. (2021). Efektivitas Penerapan Aplikasi Microsoft Teams terhadap Hasil Pembelajaran Ekonomi . Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 3 Nomor 5 Tahun 2021 Halm 2676 - 2682.
Ngadimin, Sakroni, & Wahyuningsih, D. (2022). Development of Tutorial Learning Media of UNS Web-Based Online Learning System (SPADA). Teknodika, Vol. 20 No. 01 Maret 2022, 1-10.
Nuriansyah, & Fazar. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Onine Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Saat Awal Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, 61-65.
Okinish, N., Wahyuningsih, Y., & Suyoto. (2019). Penggunaan Aplen (Aplikasi Online) Sebagai Upaya Kemandirian Belajar Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Dasar (hal. 477-489). Purworejo: http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/semnaspgsd/article/view/1056/905.
Purwanto. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology, and Counseling, Volume 2 No. 1.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, Vol. 06 Nomor 02, Hal. 214-224.
Sadiman Arief S., d. (2003). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Sakroni, & Ngadimin. (2022). Panduan Praktis Membangun Kelas Digital dengan Microsoft Teams. Solo: Yuma Pustaka.
Sarjono. (2013). Membangun course e-learning berbasis moodle. Yogyakarta: UNY Press.
Situmorang, A. S. (2021). Microsoft Teams For Education Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Meningkatkan Minat Belajar. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, Vol. 02, No.01, 30-35.
Sudarmoyo. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Sway untuk Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol 3 No 4.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.
Sumardiono. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran dengan Memanfaatkan Multimedia Komunikasi Interaktif : Flow Chart CAI dan Strategi Instruksional. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik. (Vol. 16 No. 3). Hlm. 2-5
Support.microsoft.com (2022). Mengapa saya mengalami masalah saat masuk ke Microsoft Teams? Diakses pada 13 September 2022. Dari https://support.microsoft.com/id-id/office/mengapa-saya-mengalami-masalah-saat-masuk-ke-microsoft-teams-a02f683b-61a3-4008-9447-ee60c5593b0f
Suparman, A. (2004). Desain Instruksional. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Suranto, B. (2009). Virtual Classroom: Strategi Pembelajaran Berbasis Synchronous E-Learning. SNATI, Vol. 1 hal. 78-86.
Wirza, M. A., & Ofianto. (2021). Penggunaan Microsoft Teams dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Bukittinggi. Kronologi, 106-118.
Refbacks
- There are currently no refbacks.