Pengaruh Problem Based Learning dan Group Investigation Terhadap Prestasi Belajar IPA Ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas V SDN Sedabin Diponegoro

Ferawati Ferawati, Budiyono Budiyono, Sri Yutmini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh pembelajaran Problem Based Learning dan Group Investigation terhadap prestasi belajar IPA, (2) perbedaan pengaruh yang signifikan antara siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar IPA, (3) interaksi pengaruh antara model pembelajaran dan kecerdasan interpersonal siswa terhadap prestasi belajar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN dabin Diponegoro Ngringo Jaten Karanganyar tahun pelajaran 2013/ 2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling, sampel dalam penelitian ini adalah SDN 04 Ngringo sebagai kelompok eksperimen dan SDN 07 Ngringo sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data adalah tes prestasi belajar IPA dan angket kecerdasan interpersonal. Ujicoba instrumen tes meliputi validitas isi, tingkat kesukaran, dan reliabilitas. Ujicoba intrumen angket meliputi validitas isi dan reliabilitas. Uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesetaraan. Uji hipotesis dengan uji anava dua jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan pengaruh antara pembelajaran Problem Based Learning dan Group Investigation dalam menghasilkan prestasi belajar IPA. Hasil penelitian menunjukkan Fa=15.68 dengan Ftabel=7.31, keputusan uji H0A ditolak. (2) tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi dan kecerdasan interpersonal rendah dalam menghasilkan prestasi belajar IPA. Hasil penelitian menunjukkan Fb=0.59 dengan Ftabel=7.31, keputusan uji H0B diterima. (3) tidak terdapat interaksi pengaruh antara model pem-belajaran dan kecerdasan interpersonal siswa terhadap prestasi belajar IPA. Hasil penelitian menunjukkan Fc=0.036 dengan Ftabel=7.31, keputusan uji H0AB diterima.

Keywords

Problem Based Learning; Group Investigation; Prestasi belajar IPA; Kecerdasan interpersonal

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.