Analisis Pemasaran Ternak Sapi Potong di Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang

Danang Prasetyo, Ayu Intan Sari, Shanti Emawati, Endang Tri Rahayu, Sutrisno Hadi Purnomo

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui saluran dan sistem pemasaran sapi potong di Kecamatan
Sawangan Kabupaten Magelang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari-Februari 2014 di
Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Metode pengambilan data yang
digunakan adalah metode survei dengan jumlah sampel peternak 60 dan sampel pedagang 7
responden. Data yang diperoleh meliputi data primer dari wawancara dengan peternak sapi potong
dan data sekunder diperoleh dari instansi-instansi yang terkait dalam penelitian. Metode analisis data
yang digunakan meliputi analisis deskriptif, analisis pemasaran meliputi biaya pemasaran,
keuntungan pemasaran, margin pemasaran, dan farmer’s share. Hasil analisis menunjukkan bahwa
analisis pemasaran penelitian ini menghasilkan saluran pemasaran yang paling banyak digunakan
oleh peternak sapi potong di Kecamatan Sawangan adalah (peternak, pedagang pengumpul,
konsumen) sebanyak 53 responden atau 88,4 %. Saluran pemasaran sapi potong di Kecamatan
Sawangan Kabupaten Magelang yang paling efisien yaitu terdapat pada saluran pemasaran pertama
(peternak, konsumen) karena mempunyai margin pemasaran paling rendah dan nilai farmer’s share
paling tinggi.

Keywords

Sapi potong, pemasaran, farmer’s share

Full Text:

XML

References

Abadi, F.N. 2007. Analisis Pemasaran

Kripik Tempe di Kecamatan

Sambungmacan Kabupaten Sragen.

Skripsi S1 Program Studi Sosial

Ekonomi Pertanian/ Agrobisnis

Fakultas Pertanian Universitas

sebelas Maret Surakarta. Tidak

Dipublikasikan.

Badan Pusat Statistik. 2012. Statistik

Indonesia. Badan Pusat Statistik.

Jakarta. Notohadiprawiro, T. 2006.

Metode Penelitian dan Penulisan

Ilmiah. Repro UGM. Yogyakarta.

Santosa, U., 1997. Prospek Agribisnis

Penggemukan Pedet. Penebar

Swadaya , Jakarta.

Soekartawi. 1993. Agribisnis Teori dan

Aplikasinya. PT Raja Grafindo

Persada. Jakarta.

Sudiyono, A. 2002. Pemasaran Pertanian.

Universitas Muhammadiyah Malang

Press. Malang.

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Bisnis.

Pusat Bahasa Depdiknas. Bandung.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.