Submissions

Online Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for Sains Peternakan: Jurnal Penelitian Ilmu Peternakan?

Go to Login Start New Submission

Need a Username/Password?

Go to Registration
 

Author Guidelines

Persiapan Naskah

  1. Naskah berupa hasil penelitian di bidang peternakan dan belum pernah dipublikasikan di media lain.
  2. Naskah ditulis dengan spasi ganda (double) menggunakan format kertas A4 dengan margin bagian atas dan bawah 2,5 cm, serta pada bagian kiri dan kanan 2 cm.
  3. Naskah yang dikirim maksimal 20 halaman.
  4. Jenis huruf yang digunakan adalah Times New Roman dengan ukuran 12 pt.
  5. Judul dan subjudul ditulis di bagian tengah baris (aligned center).
  6. Naskah terdiri dari JUDUL, ABSTRAK/ABSTRACT, PENDAHULUAN, MATERI DAN METODE, HASIL DAN PEMBAHASAN, KESIMPULAN, UCAPAN TERIMA KASIH dan DAFTAR PUSTAKA.
  7. Setiap halaman naskah diberi nomor baris pada bagian kiri secara berkelanjutan.
  8. Satuan berat dan jarak menggunakan sistem metrik, dan temperatur menggunakan satuan Celcius.

 

Struktur Naskah

1.      HALAMAN JUDUL

  1. Judul ditulis dengan singkat dan jelas menggunakan huruf kapital pada awal kata sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia dan disertai dengan judul menggunakan Bahasa Inggris di bagian bawahnya. Untuk naskah berbahasa Inggris disertai judul dalam Bahasa Indonesia.
  2. Running head (singkatan dari judul) terdiri dari maksimal 55 karakter ditempatkan di atas judul.
  3. Di bawah judul diberi nama penulis tanpa gelar, nama dan alamat institusi.
  4. Jika naskah ditulis oleh beberapa penulis dari institusi yang berbeda maka diberi tanda dengan superskrip dari angka Arab.
  5. Contact person ditulis dengan jelas meliputi nama lengkap dengan gelar, alamat institusi, nomor telepon dan alamat email.
2.      ABSTRAK
  1. Abstrak ditulis pada halaman baru setelah halaman judul.
  2. Untuk naskah dalam Bahasa Indonesia, Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia disertai dengan terjemahan dalam bahasa Inggris, untuk naskah dalam Bahasa Inggris Abstract ditulis dalam Bahasa Inggris disertai dengan terjemahan dalam bahasa Indonesia.
  3. Abstrak terdiri dari maksimal 250 kata, berisi ringkasan naskah secara singkat tetapi jelas dan mudah dipahami.
  4. Abstrak dimulai dengan tujuan penelitian dan diakhiri dengan kesimpulan yang jelas. Pustaka tidak ditulis di Abstrak.
  5. Pada bagian akhir abstrak, ditulis kata kunci sebanyak 3-6 kata kunci.

3.      SUBJUDUL

  1. Subjudul utama (ABSTRAK/ABSTRACT, PENDAHULUAN, MATERI DAN METODE, HASIL DAN PEMBAHASAN, KESIMPULAN, UCAPAN TERIMA KASIH (jika ada) dan DAFTAR PUSTAKA) ditulis dengan huruf kapital, tebal, ditempatkan di tengah baris.
  2. Subjudul kedua ditulis dengan huruf kecil, tebal, ditempatkan di tengah baris. Huruf kapital dipakai pada awal kata.
  3. Setiap subjudul diberi baris kosong pada bagian atas dan bagian bawahnya.

4.      PENDAHULUAN

  1. Pendahuluan ditulis di halaman baru setelah Abstrak.
  2. Pendahuluan menjelaskan secara singkat landasan tujuan penelitian. Penjelasan secara mendalam ditempatkan pada bagian HASIL DAN PEMBAHASAN.

5.      MATERI DAN METODE

  1. Menjelaskan tentang materi dan metode penelitian yang digunakan.
  2. Prosedur biologis, analitik dan statistik perlu dilengkapi dengan Pustaka yang sahih.
  3. Pakan, ternak (bangsa, jenis kelamin, umur, berat badan) dituliskan dengan jelas.

6.      HASIL DAN PEMBAHASAN

  1. Penyajian hasil dikombinasikan dengan pembahasan secara langsung.
  2. Hasil disampaikan dalam bentuk tabel jika memungkinkan.
  3. Teks diperlukan untuk menjelaskan data pada tabel, tetapi hendaknya tidak terjadi banyak pengulangan angka dari tabel pada teks. 
  4. Pembahasan menjelaskan hasil penelitian secara detil dan jelas.

7.      DAFTAR PUSTAKA

  1. Sitasi pustaka pada teks ditulis sebagai berikut: Remus (2001) atau (Remus, 2001); Hassan et al. (2005) atau (Hassan et al., 2005), Garcia dan Mack (2000) atau (Garcia dan Mack, 2000).
  2. Daftar Pustaka ditulis berdasarkan urutan alfabet. Apabila ada 2 atau lebih artikel dari penulis yang sama dalam tahun yang sama maka setelah tahun ditambahkan notasi dengan alfabet berdasar urutan munculnya di teks, misalnya: Honarbakhsh et al. (2007a); Honarbakhsh et al. (2007b); Honarbakhsh et al. (2007c).
  3. Daftar pustaka disusun berdasarkan urutan nama penulis pertama (A – Z) tanpa dikelompokkan berdasarkan jenis sumber pustaka.

Contoh penulisan pustaka:

Artikel dari Jurnal

Yanti, Y., Surahmanto, A. Purnomoadi and Y. Kawamoto. 2012. Organic acids production of rice straw fermented with several types of microorganism at different temperatures. Journal of The Indonesian Tropical Animal Agriculture 37(3): 189-194.

Cahyadi, M., C. Jo and J. H. Lee. 2014. Quantitative trait loci and candidate genes for the economic traits in meat-type chicken. World's Poultry Science Journal 70(02): 329-342.

Abstract dan Supplement

Remus, J. and C.L. Quarles. 2000. The effect of betaine on lesion scores and tensile strength of coccidian-challenged broilers. Poultry Science. 79 (Suppl. 1): 118 (Abstr.).

Buku

Mukhtar, A. 2006. Ilmu Produksi Ternak Perah. Cetakan ke-1. LPP UNS dan UNS Press. Surakarta.

Pond, W.G., C.D. Curch, K.R. Pond and P.A. Schoknecht. 2005. Basic Animal Nutrition and Feeding. 5th ed. John Wiley & Sons, Inc. Hoboken, New Jersey. USA.

Bab di dalam Buku dengan Editor

Lewis, A.J. 2003. Methionine-cystine relationships in pig nutrition. In: Amino Acids in Animal Nutrition (Ed. J.P.F. D’Mello). CABI Publishing, Wallingford, Oxon, UK. pp. 143-155.

Skripsi, Tesis dan Disertasi

Hertanto, B.S. 2012. Analisis Ekonomi Usaha Sapi Perah serta Strategi Pengembangannya pada Peternakan Rakyat dan Perusahaan di Dataran Rendah. Tesis. Program Pascasarjana. Fakultas Peternakan. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Nasir, Z. 2009. Comparison of Effects of Echinacea purpurea Juices and Nigella sativa Seeds on Performance, Some Blood Parameters, Carcass and Meat Quality of Broilers. Ph.D. Thesis. University of Hohenheim. Stuttgart, Germany.

Prosiding Seminar

Lebar, J. 2008. Etology of rejecting kids. In: Proceedings of the 17th International Scientific Symposium on Nutrition of Domestic Animals. Radenci, Slovenia. pp. 232-244.

Tzschentke B. and I. Halle. 2008. Influence of temperature stimulation during last days of incubation on hatching result of broiler chickens. In: Proceedings of the 10th Symposium on Swine and Poultry Nutrition (Ed. K. Eder). Halle Wittenberg, Germany. pp. 135-138.

Laporan Penelitian dll

Widyawati, S.D. dan W.P.S. Suprayogi. 2006. Perbaikan Produktivitas Ternak Ruminansia pada Peternakan Rakyat Melalui Pemberian Growth Promoting Feed Supplement. Laporan Penelitian Hibah PEKERTI. Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

8.      GAMBAR

  1. Gambar dibuat dengan jelas dan mudah dipahami dengan warna hitam dan putih.
  2. Gambar ditempatkan terpisah dari teks, yaitu setelah daftar pustaka, sedangkan pada bagian teks cukup diberi keterangan di mana gambar akan ditempatkan.
  3. Judul gambar ditulis setelah nomor gambar, diletakkan pada baris yang sama dengan menggunakan huruf kapital hanya pada huruf pertama. Judul gambar tidak diakhiri dengan tanda titik.
  4. Satu halaman hanya untuk satu gambar.

9.      TABEL

  1. Tabel dibuat dengan jelas dan mudah dipahami tanpa membaca teks.
  2. Data pada tabel tidak terlalu banyak diulang pada teks.
  3. Semua singkatan yang digunakan pada tabel harus dijelaskan pada bagian bawah tabel tersebut.
  4. Tabel dibuat dengan menggunakan format tabel. Tabel hanya menggunakan garis mendatar yaitu untuk judul kolom dan bagian bawah tabel. Diantara tiap variabel tidak digunakan garis. Pada bagian atas digunakan garis tebal atau garis ganda.
  5. Judul tabel ditulis setelah nomor tabel, pada baris yang sama dengan huruf kapital hanya pada huruf pertama. Judul tabel tidak diakhiri dengan tanda titik.
  6. Judul pada tiap kolom (heading) menggunakan huruf kapital pada setiap awal kata sedangkan nama variabel hanya huruf pertama yang menggunakan huruf kapital.
  7. Semua tabel ditempatkan dibagian belakang teks, yaitu setelah gambar atau setelah daftar pustaka jika tidak ada gambar. Pada bagian teks cukup diberi keterangan di mana tabel akan ditempatkan.
  8. Satu halaman hanya untuk satu tabel.

 Pengiriman Naskah

  1. Naskah disubmit melalui open journal system (OJS) Sains Peternakan pada website: https://jurnal.uns.ac.id/Sains-Peternakan/about/submissions#onlineSubmissions.
  2. Apabila penulis belum memiliki akun pada OJS Sains Peternakan, maka penulis dapat melakukan registrasi terlebih dahulu.
  3. Penulis membayar kontribusi pemuatan sebesar Rp. 250.000,- (dua ratus ribu rupiah) dan mendapatkan 1 (satu) eksemplar jurnal yang dipublikasikan setelah naskah dinyatakan diterima untuk dipublikasikan pada Sains Peternakan.
  4. Setiap tambahan 1 eksemplar jurnal akan dikenakan biaya cetak sebesar Rp. 75.000,- 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.