Efektivitas buku cerita berbasis tradisi rembang untuk peningkatan keterampilan membaca siswa pada pembelajaran bahasa indonesia

Aminah Aminah, M Kanzunnudin, I Fathurohman

Abstract

The background of this research is because the learning media for reading in grade IV SD is not interesting enough so that children get bored. The teacher's creativity in making or determining learning media does not suit children's interests. Lack of student motivation when participating in learning activities on improving reading skills. The use of learning media is not optimal. The unavailability of teaching materials for Rembang Tradition-Based Storybooks to improve reading skills for Grade IV SD students. The research method is quantitative research in the form of experimental research. Data collection techniques with tests. The research subjects were fourth grade students at SDN Mojokerto, SDN 1 Karangharjo, SDN 2 Karangharjo. Sampling method with purposive sampling. Data analysis using the Paired Sample Test. The results of the analysis of the effectiveness of the pre-test was 21.85 and the post-test was 33.80 with a sig value of 0.000 <0.05, indicating an influence on effectiveness. The conclusion of this study shows that the development of storybooks based on the Rembang tradition is effective for improving students' reading skills in learning Indonesian.

Keywords

Storybook; Effectiveness; Reading skills; Rembang Tradition.

Full Text:

PDF

References

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 tentang Buku Satuan Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Farenda, Mas. 2018. Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Literasi Pembelajaran Sainsdi Sekolah Dasar. FKIP Universitas Jambi.

Dharma, Aditya. 2019. Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Dengan Insersi Budaya Lokal Bali Terhadap Minat Baca Dan Sikap Siswa Kelas V SD Kurikulum 2013. Journal for Lesson and Learning Studies. 2(1)

Herman. 2017. Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi Melalui Model Pembelajaran Savi Pada Siswa Kelas III di SDN Buring Kota Malang. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. 1(2).

Astawa, dkk. 2015. “Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Berbasis Buku Cerita Terhadap Minat Baca Dan Hasil Belajar Membaca Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V Sd Gugus III Kecamatan Abang”. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha: Program Studi Pendidikan Dasar. Vol 5 tahun 2015.

Unang, C. and Sumartini, T., 2016. Modul guru pembelajar taman kanak-kanak kelompok kompetensi F.

Putri, Atika, dkk. 2018. Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 6(5).

Marhaeni, A. A. I. N. 2013. Landasan dan Inovasi Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Kuncoro, Agustinus. 2018. Pengembangan Buku Cerita Bergambar Tentang Permainan Tradisional Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar.

Apriliani, Siwi. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4) Tahun 2020

HERMAN, N. 2018. Analisis Kesalahan Berbahasa di dalam Karangan Narasi Siswa Kelas VII SMPN 8 Mataram Tahun Pelajaran 2017-2018.(Doctoral dissertation, Universitas Mataram).

Khoiruddin, A. Imam Taulabi, Ali Imron. 2016. Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini Di Taman Baca Masyarakat. Journal An-Nafs:1(2) Desember 2016.

Anggraeni, Suci. 2017. Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Big Book Multiple Activities Pada Siswa Kelas 1 SDN Madyopuro 2 Malang. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. 1(2).

Sania, Rizky. 2020. Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Berbasis Pop-Up Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Cepat Bahasa Indonesia Kelas IV SDN Beji 02 Ungaran. Jurnal Pendidikan. 1(3).

Kristianto, B. 2017. Pengembangan Buku Cerita Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Pembelajaran Membaca Kelas Bawah. Jurnal Pendidikan. 2(1).

Intan, Mas. 2020. Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Anak Di TK Dharma Wanita Bandar Lampung.

Herlina, Vifih. 2019. Pengembangan Buku Cerita Anak Digital Berbasis Literasi Digital pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Dinamika Sekolah Dasar. 1(1).

Winataputra, U. S., Delfi, R., Pannen, P., & Mustafa, D. 2014. Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Hakikat Belajar dan Pembelajaran, 4(1), 1-46.

Rizky, Ilmania. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Denasri Wetan 03 Kecamatan Batang.

Kurniawati, R. T., & Koeswanti, H. D. 2020. Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 29-42.

Nugraheni, I., Harsiati, T., & Qohar, A. 2019. Media Buku Cerita untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. 4(1). 322–329.

Duke, N. K, & Pearson, P. D. 2017. Effective practices for developing reading compre-hension. Journal of Education, 189(1-2)_,107-122 doi. org/10. 1177/0022057409189001- 208.

Mulyaningsih, Hidayah & Zubaidah, Enny. 2021. Pengaruh Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Dan Hasil Belajar Siswa. LITERA, 20(3), November 2021.

Gonen, M. & Guler, T. 2018. The environment and its place in children’s picture story books. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 15, 3633. https://doi.org/10.1016/j. sbspro.2011.04.347.

Agustiningrum, Yani. 2021. Pengembangan Buku Ajar Dengan Metode Basal Readers Berbasis Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Rendah. Sarjana thesis, UMK.

Tarigan, Nova. 2018. Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 02(02)

Hill, H., Dietrich, S., & Cappiello, B. 2017. Learning to Play: A Review and Theoritical Investigation of the Developmental Mechanisms and Function of Cetacean Play. Learning & Behavior, 45(4), 335—354.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.