Efektivitas buku cerita bergambar berbasis budaya lokal untuk peningkatan ketrampilan membaca

E W Wibowo, M Kanzunnudin, I Fathurohman

Abstract

The background of this research is because the students' reading comprehension ability is still not in accordance with basic competencies. Reading learning media for fourth grade elementary school children makes children bored and difficult to concentrate. The teacher's creativity in making or determining learning media does not suit children's interests. The teaching materials for Local Culture-Based Picture Story Books for Learning Reading Comprehension Skills for Class IV Students are not yet available. The research method is quantitative research in the form of experimental research. Data collection techniques with tests. The research subjects were students at SDN 1 Kebloran and SDN 2 Kebloran. Data analysis used the Independent Sample test and the Paired Sample Test. The results of the effectiveness analysis on the pre test were 21.23 and the post test was 34.27. The sig value is 0.000 <0.05 so that it indicates an effect on effectiveness or in other words Ho is rejected and Ha is accepted. The conclusion of this study shows that the development of local culture-based picture story book media is effective for teaching students' reading comprehension skills.

Keywords

Picture story book; Effectiveness; culture based; reading skills

Full Text:

PDF

References

Marantika, Cici. 2019. Pengaruh Buku Cerita Bergambar Terhadap Keterampilan Membaca Nyaring peserta Didik Kelas III MIN 7 Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Anak. 2(2), 14-23.

Farenda, Mas. 2018. Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Literasi Pembelajaran Sainsdi Sekolah Dasar. FKIP Universitas Jambi.

Astawa, dkk. 2015. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Berbasis Buku Cerita Terhadap Minat Baca Dan Hasil Belajar Membaca Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V Sd Gugus III Kecamatan Abang. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha: Program Studi Pendidikan Dasar. Vol. 5 tahun 2015.

Khoiruddin, A. Imam Taulabi, Ali Imron. 2016. Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini Di Taman Baca Masyarakat. Journal An-Nafs. 1(2) Desember 2016.

Ardiana, D. P. Y., Widyastuti, A., Susanti, S. S., Halim, N. M., Herlina, E. S., Nugroho, D. Y., ... & Yuniwati, I. (2021). Metode pembelajaran guru. Yayasan Kita Menulis.

Pingge, H. D. (2017). Kearifan lokal dan penerapannya di sekolah. Jurnal Edukasi Sumba (JES), 1(2).

Unang, C. and Sumartini, T., 2016. Modul guru pembelajar taman kanak-kanak kelompok kompetensi F.

Hendra, H., Pratama, M. I. L., Lahay, R. J., & Hasriyanti, H. 2021. Rancangan Konten Pembelajaran Geografi Pariwisata Berbasis Wisata Pantai Botutonuo berintegrasikan Photography Essay. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 529-536.

Putri, Atika. 2018. Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 6(5). 112-125.

Rizky, Ilmania. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Denasri Wetan 03 Kecamatan Batang. Jurnal Pendidikan. 3(1). Hal 1-20.

Hidayat, M. 2021. Pengembangan Media Interaktif Video Fotografi Keragaman Budaya pada Pembelajaran Tematik Tema 8 Siswa Kelas 5 SDN Blimbing 2 untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Marhaeni, A. A. I. N. 2013. Landasan dan Inovasi Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Kuncoro, Agustinus. 2018. Pengembangan Buku Cerita Bergambar Tentang Permainan Tradisional Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar.

Kurniawati, R.T. and Koeswanti, H.D., 2020. Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), pp.29-42.

Nugraheni, I., Harsiati, T., & Qohar, A. 2019. Media Buku Cerita untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. 4(1), 322–329.

Tarigan, Nova. 2018. Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 2(2)

Duke, N. K, & Pearson, P. D. 2017. Effective practices for developing reading compre-hension. Journal of Education, 189(1-2)107-122 doi. org/10. 1177/0022057409189001- 208.

Mulyaningsih, Hidayah & Zubaidah, Enny. 2021. Pengaruh Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Dan Hasil Belajar Siswa. LITERA, 20(3), November 2021.

Rizky, Ilmania. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Denasri Wetan 03 Kecamatan Batang.

Apriliani, Siwi. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994-1003.

Sugiarto, Dandy. 2020. Perancangan Buku Cerita Bergambar Tentang Batik Druju Untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. 1(2).

Dharma, Aditya. 2019. Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Dengan Insersi Budaya Lokal Bali Terhadap Minat Baca Dan Sikap Siswa Kelas V SD Kurikulum 2013. Journal for Lesson and Learning Studies. 2(1), April 2019.

Mulyaningsih, Hidayah & Zubaidah, Enny. 2021. Pengaruh Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Dan Hasil Belajar Siswa. LITERA, 20(3)

Sari, Isnaini Fitrah. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Lokal Melalui Model Guided Inquiry Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis. Bandar Lampung: Program Studi Magister Keguruan Guru Sekolah Dasar Universitas Lampung.

Suprapto, H. M. 2021. Pengaruh Buku Cerita Bergambar terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa. LITERA, 20(3), 446-463.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.