Peningkatan hasil belajar materi harga diri melalui model make a match berbantuan powerpoint pada siswa kelas 3 di SD Negeri Kwadungan Jurang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah model Make A Macth berbantuan PowerPoint dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PKn materi harga diri pada siswa Kelas 3 SD Negeri Kwadungan Jurang Tahun Pelajaran 2019/2020. (2) mengetahui besar peningkatan hasil belajar peserta didik mata pelajaran PKn materi harga diri Kelas 3 SD Negeri Kwadungan Jurang Tahun Pelajaran 2019/2020 setelah menggunakan model Make A Macth berbantuan PowerPoint. prosedur tindakan menggunakan planning, acting, observing, reflecting Subyek penelitian menggunakan kelas 3 semester 2 SDN Kwadungan Jurang Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah peserta didik 17 siswa. Hasil belajar pada kondisi awal dari 17 siswa yang memperoleh nilai diatas KKM hanya 4 siswa (24%) dengan nilai tertinggi 80 terendah 40 dengan nilai rata-rata 56,47 sedangkan yang lain masih dibawah KKM yaitu 13 siswa (76%). Setelah diadakan tindakan dengan menggunakan Model Make A Match Berbantuan Powerpoint hasil belajar siswa meningkat yaitu dari nilai rata-rata 56,47 menjadi 67,06 pada siklus I, 10 siswa dan yang belum tuntas 7 siswa. Prosentase kriteria ketuntasan minimal (KKM) siswa yang sudah tuntas diperoleh sebesar 59% nilai siswa ≥70 dan prosentase kriteria ketuntasan minimal (KKM) siswa yang belum tuntas sebesar 41% nilai siswa <70. Nilai rata-rata 67,06 pada siklus I menjadi 83,53 pada siklus II, prosentase kriteria ketuntasan minimal (KKM) siswa yang sudah tuntas diperoleh sebesar 94% nilai siswa ≥70 dan prosentase kriteria ketuntasan minimal (KKM) siswa yang belum tuntas sebesar 6% nilai siswa <70.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Twiningsih, “EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Penggunaan Media Si Pagar Air Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Sains di Masa Pandemi,” vol. 4, no. 2, pp. 2267–2274, 2022. [2] F. Nengsih, “Penerapan Strategi Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Kelas Iv Sdn 005 Koto Sentajo Kecamatan Sentajo Raya,” J. PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), vol. 2, no. 3, p. 444, 2018, doi: 10.33578/pjr.v2i3.5545. [3] I. Magdalena, A. Fatakhatus Shodikoh, A. R. Pebrianti, A. W. Jannah, I. Susilawati, and U. M. Tangerang, “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi,” Ed. J. Edukasi dan Sains, vol. 3, no. 2, pp. 312–325, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi [4] I. Israwaty and S. Ramadani, “JUARA SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Volume 1 Nomor 2 Juli Tahun 2022 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar belajaran make a match merupakan mod- el pembelajaran yang dimana siswa,” vol. 1, pp. 86–92, 2022. [5] L. Sari, T. Taufina, and F. Fachruddin, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Menggunakan Model PJBL di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 4, no. 4, pp. 813–820, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i4.434. [6] F. A. Wulandari, M. Mawardi, and K. W. Wardani, “Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 Menggunakan Model Mind Mapping,” J. Ilm. Sekol. Dasar, vol. 3, no. 1, p. 10, 2019, doi: 10.23887/jisd.v3i1.17174. [7] A. Rifai, S. Sulton, and S. Sulthoni, “Pengembangan Media Mobile Learning Sebagai Pendukung Sumber Belajar Biologi Siswa SMA,” JKTP J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 3, no. 1, pp. 10–17, 2020, doi: 10.17977/um038v3i12019p010. [8] A. N. Sobron, S. Titik, and S. Meidawati, “Jurnal Inovasi Penelitian,” J. Inov. Penelit., vol. 1, no. 3, pp. 1–4, 2020. [9] T. Andriani, “Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini Oleh : Tuti Andriani Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau,” J. Sos. Budaya, vol. 9, no. 1, p. 122, 2011. [10] Elfiadi, “Bermain Dan Permainan Bagi,” ITQAN J. Ilmu-Ilmu Kependidikan, vol. VII, no. 1, pp. 51–60, 2016, [Online]. Available: file:///C:/Users/BKPUTRAWAN/Downloads/115-Article Text-299-1-10-20180109.pdf [11] F. Farhana, A. Suryadi, and D. Wicaksono, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Smk Atlantis Plus Depok,” Instruksional, vol. 3, no. 1, p. 1, 2021, doi: 10.24853/instruksional.3.1.1-17. [12] A. Andriah and M. F. Amir, “Mobile Learning Based on Procedural and Conceptual Knowledge on Fractional for Elementary School,” vol. 5, no. 4, pp. 567–578, 2021.
Refbacks
- There are currently no refbacks.