Pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru SD N Dabin 2 Kecamatan Nalumsari Jepara

Siti Hindun

Abstract

Pendidikan diartikan sebagai suatu kepentingan oleh manusia sebab pendidikan menciptakan manusia-manusia yang berkualitas. Masih Banyak guru yang belum mampu menguasai berbagai kompetensi dan rendahnya profesional guru merupakan hambatan guru untuk menentukan berbagai strategi pembelajaran di kelas. Kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan berbagai metode dan strategi pembelajaran yang menarik bagi siswa, disinilah peran seorang Kepala Sekolah untuk memberikan supervisi akademik dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi akademik yang dilaksanakan oleh kepala sekolah dan lingkungan kerja  terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Dabin 2 Kecamatan Nalumsari Jepara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kuantitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan jenis penelitian korelasional yang digunakan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan supervisi akademik terhadap kinerja guru SD Negeri di Nalumsari. Penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data yang berupa kuesioner. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik  analisis korelasi data dan regresi ganda dalam  penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Dabin 2 Kecamatan Nalumsari Jepara sebanyak 4 SD Negeri. Subyek penelitian adalah 30 guru. Hasil penelitian ini adalah 1) supervise akademik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru 2) lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, dan 3) Lingkungan kerja dan supervise akademik bersam-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru-guru SD Negeri Dabin 2 Nalumsari Jepara. 

Keywords

Lingkungan kerja; Supervisi Akademik; Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References

M. Kristiawan, Analisis Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, no. February. 2019. [2] N. Yuniasih, R. N. Aini, and R. Widowati, “Pengembangan Media Interaktif Berbasis Ispring Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Di SDN Ciptomulyo 3 Kota Malang,” J. Inspirasi Pendidik., vol. 8, no. 2, pp. 85–94, 2018, doi: 10.21067/jip.v8i2.2647. [3] Nisrokha, “DIFUSI INOVASI DALAM TEKNOLOGI PENDIDIKAN Nisrokha,” J. Madaniyah, vol. 10, pp. 173–184, 2020. [4] T. Andriani, “Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini Oleh : Tuti Andriani Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau,” J. Sos. Budaya, vol. 9, no. 1, p. 122, 2011. [5] N. Nuryati and D. Darsinah, “Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar,” J. Papeda J. Publ. Pendidik. Dasar, vol. 3, no. 2, pp. 153–162, 2021, doi: 10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1186. [6] S. Achyanadia, “Peran Teknologi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Sdm,” J. Teknol. Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 104–112, 2016, doi: 10.32832/tek.pend.v5i1.486. [7] M. Schmid, E. Brianza, and D. Petko, “Self-reported technological pedagogical content knowledge (TPACK) of pre-service teachers in relation to digital technology use in lesson plans,” Comput. Human Behav., vol. 115, no. September 2020, p. 106586, 2021, doi: 10.1016/j.chb.2020.106586. [8] M. Yamin and S. Syahrir, “Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran),” J. Ilm. Mandala Educ., vol. 6, no. 1, pp. 126–136, 2020, doi: 10.36312/jime.v6i1.1121. [9] A. T. TWININGSIH, “Desain Pengembangan Inovasi Pendidikan dalam Peningkatan Daya Saing Sekolah melalui Lima Prinsip Teknologi Pendidikan,” Edudikara J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 6, no. 4, pp. 272–277, 2022, doi: 10.32585/edudikara.v6i4.261. [10] R. Utaminingsih and M. A. Riwanto, “Pengaruh model pembelajaran Instad terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Wonopeti Kulon Progo,” Taman Cendekia J. Pendidik. Ke-SD-an, vol. 6, no. 1, pp. 53–64, 2022. [11] S. Nurfajriah, “PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR,” pp. 137–144, 2021.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.