Penggunaan media kliping berbasis project based learning pada pembelajaran ipa untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas V sekolah dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
W. A. Apriany, E. W. Winarni, and A. M. Muktadir, “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 5 Kota Bengkulu,” J. Pembelajaran dan Pengajaran Pendidik. Dasar, vol. 3, no. 1, pp. 88–97, 2020, doi: 10.33369/dikdas.v3i1.12308.
S. Mahid, “Penggunaan Kliping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SD Inpres Sipayo Kecamatan Sidoan Kabupaten Parigi Moutong,” vol. 4, no. 2, pp. 125–134.
A. Penelitian et al., “ARTIKULASI PENGGUNAAN MEDIA KLIPING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 18 PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 18,” 2015.
Sajidan, Suranto, I. R. W. Atmojo, D. Y. Saputri, and R. Etviana, “Problem-Based Learning-Collaboration (Pbl-C) Model in Elementary School Science Learning in the Industrial Revolution Era 4.0 and Indonesia Society 5.0,” J. Pendidik. IPA Indones., vol. 11, no. 3, pp. 477–488, 2022, doi: 10.15294/jpii.v11i3.30631.
H. Sucipto, “Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPS,” J. Pendidik. Ris. dan Konseptual, vol. 1, no. 1, p. 77, 2017, doi: 10.28926/riset_konseptual.v1i1.10.
F. A. Wulandari, M. Mawardi, and K. W. Wardani, “Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 Menggunakan Model Mind Mapping,” J. Ilm. Sekol. Dasar, vol. 3, no. 1, p. 10, 2019, doi: 10.23887/jisd.v3i1.17174.
N. Efendi and R. S. Barkara, “Studi Literatur Literasi Sains di Sekolah Dasar,” J. Dharma PGSD, vol. 1, no. 2, pp. 57–64, 2021, [Online]. Available: http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/judha/article/view/193
M. Tendrita, S. Mahanal, and S. Zubaidah, “Empowerment of Creative Thinking Skills through Think Pair Share Remap Model,” Proceeding Biol. Educ. Conf. (ISSN 2528-5742), vol. 13, no. 1, pp. 285–291, 2016, [Online]. Available: https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/5722
Y. Yuliati, “Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah,” J. Cakrawala Pendas, vol. 2, no. 2, 2016, doi: 10.31949/jcp.v2i2.335.
W. Oviana, “Pemahaman Hakekat Sains dan Aplikasinya dalam Proses Pembelajaran Sains,” J. Chem. Inf. Model., pp. 485–490, 2015.
A. Pranaja and Y. Astuti, “Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan,” J. Ilmu Pendidik., vol. 1, no. 3, pp. 294–302, 2019, [Online]. Available: https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
A. N. Sobron, S. Titik, and S. Meidawati, “Jurnal Inovasi Penelitian,” J. Inov. Penelit., vol. 1, no. 3, pp. 1–4, 2020.
R. A. Natty, F. Kristin, and I. Anugraheni, “Peningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 3, no. 4, pp. 1082–1092, 2019, doi: 10.31004/basicedu.v3i4.262.
P. D. Anggraini and S. S. Wulandari, “Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa,” J. Pendidik. Adm. Perkantoran, vol. 9, no. 2, pp. 292–299, 2020, doi: 10.26740/jpap.v9n2.p292-299.
J. Review, P. Dasar, J. K. Pendidikan, and H. Penelitian, “4249-Article Text-11907-1-10-20190212-1,” vol. 4, no. 3, 2018.
I. Magdalena, A. Saridevita, A. Novyanti, S. Destiyantari, and U. M. Tangerang, “Menggunakan Model Paikem Pada Mata,” vol. 3, pp. 244–259, 2021.
Refbacks
- There are currently no refbacks.