ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI BANGUN DATAR BELAH KETUPAT DAN LAYANG-LAYANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematika siswa dalam pembelajaran menggunakan metode diskusi kelompok pada materi bangun ruang di SMPN 2 Kebakkramat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 34 siswa kelas VIID SMPN 2 Kebakkramat tahun ajaran 2024/2025 yang dipilih melalui purposive sampling, dengan setiap siswa dikelompokkan berdasarkan kemampuan pemahaman konsep matematis mereka (tinggi, sedang, dan rendah). Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi bangun datar belah ketupat dan layang-layang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman konsep dari 34 siswa kelas VIIID menunjukkan sebanyak 8 siswa (23,53%) berada dalam kategori tinggi, berhasil memenuhi indikator pemahaman konsep seperti mengulang kembali konsep yang telah dipelajari dan menerapkan konsep luas dan keliling bangun datar belah ketupat dan layang-layang dalam permasalahan kehidupan sehari-hari. Sebanyak 18 siswa (52,94%) berada dalam kategori sedang, meskipun belum memenuhi semua indikator secara maksimal, mereka menunjukkan pemahaman yang memadai. Di sisi lain, 8 siswa (23,53%) masuk dalam kategori rendah, tidak memenuhi semua indikator kemampuan pemahaman konsep, dan hanya menuliskan nomor soal tanpa memberikan jawaban yang relevan atau lengkap.
Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis
Full Text:
PDFReferences
Abdussamad, Z. (2020). Metode Penelitian Kualitatif . Jakarta : Syakir Media Press
Arifin, & Zainal. (2012). Penelitian Pendidikan.Bandung: PT . Remaja Rosdakarya.
Cahani, K., & effendi, kiki nia sania. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar Segiempat. Prosiding Sesiomadika, 2(1a). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2318
Effendi, K. N. S. (2017). Pemahaman Konsep Siswa Kelas Viii Pada Materi Kubus Dan Balok. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(4), 87–94. [Online] Tersedia: https://doi.org/10.23969/symmetry.v2i2.5 52 [ 4 Juli 2024 ]
Hanifah, & Abadi, A. P. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Teori Grup kemampuan yang mengharapkan siswa mahasiswa pada program sarjana dan mahasiswa yang akan melanjutkan studi teori-teori dasar dan pembuktian menyebabkan mahasiswa senantiasa. Jurnal of Medives, 2(2), 235– 244.
Lenaini, I. (2021). TEKNIK PENGAMBILAN SAMPEL PURPOSIVE DAN SNOWBALL SAMPLING. HISTORIS : Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33-39
Nilasari, D., & Warmi, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Penyelesaian Soal Persamaan Kuadrat Pada Kelas X. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).
Nurul Aisyah, Dani Firmansyah. ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT. MAJU, 8(1), 403-410
Ruqoyyah S, Murni S & Linda. (2021). KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN RESILIENSI MATEMATIKA DENGAN VBA MICROSOFT EXCEL. Diterbitkan oleh Purwakarta: CV. Tre Alea Jacta Pedagogie
S Ruqoyyah, S Murni, L Linda - 2020 - books.google.com Muliawan, J. U. 2012. Menyulap Siswa Kaya Prestasi di Dalam dan Luar Sekolah. Yogyakarta: FlashBooks
S. Paputungan. (2015). Pengaruh Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Team-Dame Tournament Terhadap Pemahaman Konsep Matematiak Siswa Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Kelas VII di SMP Negeri 1 Batudaa" . Universitas Negeri Gorontalo
Samiaji Sarosa. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif . Yogyakarta : PT Kanisius.
Suraji, Maimunah, & Saragih, S. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemahaman Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 130. [Online] Tersedia: https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897 [17 Januari 2021]
Refbacks
- There are currently no refbacks.