KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KEBAKKRAMAT

Putri Miftaakhul Jannah

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah adalah keterampilan matematika yang sangat penting untuk dikembangkan agar siswa dapat menghadapi berbagai tantangan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun demikian, banyak siswa yang belum sepenuhnya menguasai kemampuan ini. Oleh karena itu, penelitian ini menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa SMP Negeri 2 Kebakkramat, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia, khususnya pada materi keliling dan luas bangun datar trapesium. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang melibatkan 34 siswa kelas VII C. Indikator pemecahan masalah yang digunakan adalah memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Penelitian ini mengelompokkan siswa menjadi tiga tingkatan berdasarkan hasil ulangan harian pada materi sebelumnya yaitu tingkat kemampuan awal rendah, sedang, dan tinggi. Berdasarkan analisis penelitian, ditemukan bahwa siswa dengan tingkat kemampuan awal yang rendah sering kali kesulitan dalam memahami masalah dan langkah-langkah penyelesaiannya. Sementara itu, siswa dengan tingkat kemampuan awal yang sedang mampu memenuhi indikator pemahaman masalah dan penyusunan rencana. Sebaliknya, siswa dengan tingkat kemampuan awal yang tinggi mampu memenuhi semua indikator pemecahan masalah dengan baik. Mereka dapat memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali hasilnya. Selain itu, siswa dengan tingkat kemampuan awal yang tinggi juga mampu menganalisis dan menyimpulkan hasil jawaban dengan benar serta memeriksa kembali solusi yang telah mereka peroleh. Temuan ini menunjukkan pentingnya memberikan perhatian khusus pada pengembangan keterampilan pemecahan masalah sejak dini, terutama bagi siswa dengan kemampuan awal yang rendah, agar semua siswa dapat mencapai kompetensi yang diperlukan untuk memecahkan berbagai tantangan dalam kehidupan nyata.

 

Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Keliling dan Luas bangun datar, Kemampuan Awal Matematis.

Keywords

Kemampuan Pemecahan Masalah; Keliling dan Luas bangun datar; Kemampuan Awal Matematis.

Full Text:

PDF

References

Aini, N. N., & Mukhlis, M. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah pada soal cerita matematika berdasarkan teori Polya ditinjau dari adversity quotient. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 105–128. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i1.105-128

Anggraini, T. P., & Rejeki, S. (2021). Kemampuan penalaran matematis siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 117–129. https://doi.org/10.31537/laplace.v4i2.547

Annisa, R., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP berdasarkan gender. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 481. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3688

Cahya, A. R. H., Syamsuri, Santosa, C. A., & Mutaqin, A. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan Polya ditinjau dari kemampuan representasi matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 1–15.

Fadilah, A. N., & Haerudin. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IX pada materi SPLDV berdasarkan tahapan Polya. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(4), 1049–1060. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.1049-1060

Kuswardi, Y., Usodo, B., Sutopo, S., Chrisnawati, H. E., & Nurhasanah, F. (2020). Advanced Mathematic Thinking Ability Based on The Level of Student’s Self-Trust in Learning Mathematic Discrete. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 10(2), 12. https://doi.org/10.20961/jmme.v10i2.47080

Novianti, E., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 65–73. https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1.12

Nugroho, R. A., & Sutarni, S. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan ditinjau dari pemecahan masalah Polya. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/52540

Polya, G. (1973). How to Solve it. In Stochastic Optimization in Continuous Time. https://doi.org/10.1017/cbo9780511616747.007

Purba, D., Zulfadli, & Lubis, R. (2021). Pemikiran George Polya tentang pemecahan masalah. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(1), 25–31. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu

Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi SPLDV ditinjau dari kemampuan awal matematika (KAM). Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.771

Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi barisan dan deret. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 175. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8069

Riam, N., Maya Santi, V., & Tian Abdul Aziz. (2020). Pengaruh pembelajaran savi (somatic, auditory, visual, intellectual) terhadap kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari tingkat kemampuan awal matematika siswa SMK. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 4(2), 26–34. https://doi.org/10.21009/jrpms.042.04

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif (S. Y. Suryandari (ed.)). Alfabeta Cv.

Sutriyono, Sari, S. A. L., & Pratama, F. W. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dengan taksonomi solo pada siswa XI IPA. Jurnal Matematika, 5(1), 1–14.

Umainah, P. S., Dwi Setyowati, R., & Sugiyanti. (2020). Proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan teori Polya ditinjau dari adversity quotient. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Senatik, 2018, 104–112.

Yulianto, G. D., Suastika, I. K., & Fayeldi, T. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan langkah Polya pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Pi: Mathematics Education Journal, 2(1), 7–13. https://doi.org/10.21067/pmej.v2i1.2810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.