EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT AND SATISFACTION) PADA MATERI POKOK BANGUN RUANG DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 1 MOJOLABAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) manakah model pembelajaran yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik, antara model pembelajaran ARIAS atau model langsung pada materi bangun ruang; (2) manakah yang memiliki prestasi belajar matematika lebih baik diantara siswa dengan aktivitas belajar tinggi, sedang, atau rendah; (3) pada masing-masing model pembelajaran, siswa dengan tingkat aktivitas belajar manakah yang memiliki prestasi belajar matematika lebih baik; dan (4) pada masing-masing aktivitas belajar, manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika siswa lebih baik antara siswa dengan model pembelajaran ARIAS atau model langsung.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah anava dua jalan sel tak sama, kemudian dilakukan uji lanjut berupa uji komparasi ganda dengan metode Scheffe.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peserta didik dengan model ARIAS memberikan prestasi belajar matematika lebih baik daripada peserta didik dengan model pembelajaran langsung; (2) peserta didik dengan aktivitas belajar tinggi memiliki prestasi belajar lebih baik daripada peserta didik aktivitas belajar sedang dan rendah, sedangkan peserta didik dengan aktivitas belajar sedang memiliki prestasi belajar yang sama baiknya dengan aktivitas belajar rendah; (3) pada masing-masing model, siswa dengan aktivitas belajar tinggi memiliki prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan aktivitas belajar sedang dan rendah sedangkan siswa dengan aktivitas belajar sedang memiliki prestasi belajar yang sama baiknya dengan siswa yang memiliki aktivitas belajar rendah; dan (4) pada masing-masing kategori aktivitas belajar, siswa dengan model pembelajaran ARIAS menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan model langsung.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Manullang, M.M.M. (2016). Manajemen Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 21(2), 208-214.
Nuraeni, E. (2018). Teori van Hiele dan Komunikasi Matematik (Apa, Mengapa, dan Bagaimana). Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika, 2-138.
NCTM. (2006). Principle and Standards for School Mathematics. National Council of Teachers of Mathematics.
Rahman, M., & Amri, S. (2014). Model Pembelajaran ARIAS. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.
Keller, J. M. (1987). Development and use of the ARCS model of instructional design. Journal of instructional development, 10(3), 2-10.
Rahman, M., & Amri, S. (2014). Model Pembelajaran ARIAS. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.
Lefrancois, G.R. (1982). Psychology for Teaching. Belmont, CA: Wadsworth Publishing Company.
Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS dan Cooperative Script terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 62-67.
Supriyanti, S., Mastur, Z., & Sugiman, S. (2015). Keefektifan model pembelajaran arias berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2), 135-141.
Sofyan, A., & Ratumanan, T. G. (2018). Pengaruh aktivitas belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 21 Ambon. Jurnal Pendidikan Matematika (JUPITEK), 1(1), 15-22
Ariaten, K. R., Feladi, V., Dedy, R., & Budiman, A. (2019). Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tik. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 1(1), 38-44.
Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Budiyono. (2017). Pengantar Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta: UNS Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.