KAJIAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran di sekolah. Bentuk penelitian ini adalah studi literatur. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk menganalisis penerapan model Problem Based Learning (PBL). Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, dengan menelusuri jurnal yang relevan dengan Problem Based Learning (PBL) melalui Sinta dan Google Scholar (Google Cendekia) dengan periode jurnal penelitian tahun 2015-2020. Kata kunci yang digunakan untuk penelusuran jurnal adalah model Problem Based Learning (PBL). Jurnal yang diperoleh sebanyak 231 jurnal yang kemudian dipilih 41 jurnal yang memenuhi kriteria untuk dianalisis lebih lanjut. Berdasarkan hasil analisis dari 41 jurnal bahwa didapatkan informasi; 1) model Problem Based Learning (PBL) di temukan pada bidang ilmu sains yang sering di terapkan di sekolah dengan persentase 77% dan pada bidang studi matematika dengan persentase 31%; 2) penerapan model PBL memberi efek positif terhadap peserta didik, (3) dampak model Problem Based Learning dalam pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar, kemampuan pemecahan masalah, motivasi belajar, berfikir kritis, dan hasil belajar peserta didik. Simpulan, model pembelajaran Problem Based Learning berdasarkan hasil literature review memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan dan minat belajar peserta didik.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.