PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN LANGKAH-LANGKAH POLYA PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMAN 1 MAGETAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Magetan menggunakan langkah-langkah Polya pada soal-soal non-rutin materi trigonometri bagi siswa dengan gaya belajar visual, auditori dan kinestetik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Magetan pada materi trigonometri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga instumen, yaitu lembar penggolngan gaya belajar siswa, tes kemampuan pemecahan masalah, serta wawancara. Validasi data dilakukan menggunakan triangulasi metode, dan analisis data dilakukan secara induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan subjek dengan gaya belajar visual dapat melalui langkah pertama dan kedua pemecahan masalah Polya, yaitu memahami masalah dan membuat rencana pemecahan masalah. Subjek dengan gaya belajar visual kesulitan memahami langkah keempat pemecahan masalah Polya, yaitu memeriksa kembali, dimana subjek kesulitan mengoreksi hasil jawaban yang diperoleh ketika mengerjakan soal tes. Subjek dengan gaya belajar auditori dapat melalui langkah pertama dan kedua pemecahan masalah Polya, yaitu memahami masalah dan membuat rencana pemecahan masalah. Subjek dengan gaya belajar auditori kesulitan memahami langkah keempat pemecahan masalah Polya, yaitu memeriksa kembali, dimana subjek kesulitan mengoreksi hasil jawaban yang diperoleh ketika mengerjakan soal tugas. Subjek dengan gaya belajar kinestetik dapat melalui keempat tahapan pemecahan masalah Polya dengan baik dan benar walaupun ada subjek yang tidak dapat melalui tahapan keempat pemecahan masalah Polya, yaitu memeriksa kembali.
References
Mairing, J.P. (2017). Student’s Abilities to Solve Mathematical Problems According to Accreditation Levels. International Journal of Education. 10(1), 1 -11.
Djadir, Upu, H., Sulfianti, A. (2018). The Profile of Student’s Mathematical problem Solving on the Topic of Two-Variable Linear Equation Systems Based on Thinking Styles. J.Phys.: Conf. Ser. 1028 012164. doi:10.1088/1742-6596/1028/1/012164.
Risnawati. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Suska Press.
Hadi, S., & Radiyatul, R. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan Kedapatan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53-61.
Polya, G. (2004). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. USA: Princeton University Press.
Lahinda, Y., & Jailani, J. (2015). Analisis Proses Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 148-161.
Yuwono, A. (2010). Profil Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Ditinjau dari Tipe Kepribadian. Tesis, tidak diterbitkan: Universitas Sebelas Maret.
Bire, A.L., Geradus, U., & Bire, J. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, (44), 168-174.
Maruf, A., Indiati, I., & Harun, L. (2020). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Visual. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 26 – 32.
Argarini, D. F. (2018). Analisis Pemecahan Masalah Berbasis Polya pada Materi Perkalian Vektor Ditinjau dari Gaya Belajar. Matematika dan Pembelajaran, 6(1), 91-100.
Setiyanik, L., Junarti, & Utami, A.D. (2020). Profil Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Aritmetika Sosial Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 6-14
Refbacks
- There are currently no refbacks.