ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 4 SELUMA TAHUN AJARAN 2020/2021

Pelangi Mutia Windya, Triyanto Triyanto, Yemi Kuswardi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 4 Seluma tahun ajaran 2020/2021 materi program linear bagi peserta didik dengan gaya kognitif field independent (FI) dan field dependent (FD). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan prosedur pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian adalah 3 peserta didik gaya kognitif strongly FI dan 3 peserta didik strongly FD kelas XI IPA 1 SMA Negeri 4 Seluma tahun ajaran 2020/2021. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan metode observasi, wawancara berbasis tugas, dan tes tertulis. Validasi data yang digunakan adalah triangulasi waktu, serta analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan gaya kognitif FI mampu memenuhi 3 indikator, yaitu merumuskan pokok-pokok permasalahan, mengungkap semua fakta yang ada, dan mendeteksi bias dengan sudut pandang yang berbeda. Dalam menyelesaikan permasalahan peserta didik dengan gaya kognitif FI cenderung menjawab dengan teratur, sistematis, namun kurang teliti. Kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan gaya kognitif FD mampu memenuhi 1 indikator, yaitu merumuskan pokok-pokok permasalahan. Dalam menyelesaikan permasalahan peserta didik gaya kognitif FD cenderung menjawab dengan tidak teratur, serta memiliki motivasi rendah terhadap matematika.

Keywords

Berpikir kritis, field independent, field dependent, gaya kognitif.

Full Text:

PDF

References

Muniri. (2015). Sumbangsi Nilai Matematika dalam Membangun Karakter Bangsa, dalam Muniri, Maryono, & Sholihah, U. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SEMNASDIKTA) IAIN Tulunganggung 2015, dalam http://ftik.uinsatu.ac.id/tmt/wp-content/uploads/PROSIDING-SEMNASDIKTA-TMT-IAIN-TA-2015-ber-ISBN.pdf, diakses 12 januari 2021.

Fridanianti, A., Purwati, H., & Murtianto, H.Y. (2018). Analisis Kemampuan Berikir Kritis dalam Menyelesaikan Soal Aljabar KelasVII Negeri 2 Pangkah Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif Impulsif. Aksioma, 9(1), 11-20.

Changwong, K., Sukkamart, A., & Sisan, B. (2018). Critical Thinking Skill Development Analysis of a New Learning Management Model for Thai High School. Journal of International studies, 11(2), 37-48.

Rifqiyana, L., Masrukan, & Susilo, B.E. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII Dengan Pembelajaran Model 4K Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. UJME UNNES Journal of Mathematics Education, 5(1), 45-46.

Susanto, H.A. (2015). Pemahaman Pemecahan Masalah Berdasar Gaya Kognitif. Yogyakarta: DEEPUBLISH (Grup Penerbit CV BUDI UTAMA).

Zannah, N., & Andriani, S. (2017). Karakteristik Institut Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif dan Perbedaan Gender, dalam Budiman, B. Prosiding seminar nasional matematika dan pendidikan matematika 2017 UIN Raden Intan Lampung, dalam https://proceedings.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/view/28/24, diakses 30 maret 2021.

Askolani, & Machdalena, R.J. (2013). Pengaruh Motivasi dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Inti (Persero) Bandung. IMAGE: jurnal riset manajemen, 1(1), 31-44.

Nurhasanah, S. Arasti, Dwi, F., Rumperiai, M.G., & Hindun, I. (2020). Pengembangan instrumen penilaian KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA (Pada Pembelajaran CBL). Malang: Kota Tua.

Fatmawati, H., Mardiyana, & Triayanto. (2014). Analisis Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9), 911-922.

Phongploenpis, S., & Samart, N. (2018). The Relationship Between Personality Types and Cognitive Learning Styles. International Journal of Management and Applied Science, 4(12), 26-30.

Wardhani, N.K., Rasiman, & Wulandari, D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 1-6.

Men, F.E., Gunur, B., Jundu, R., & Raga, P. (2020). Critical Thinking Profiles Junior High School Students in Solving Plane Geometry Problems Based on Cognitive Style and Genre. Indonesia Journal of Science and Mathematics Education, 03(2), 237-244.

Darmono, A. (2012). Identifikasi Gaya Kognitif (Cognitive Style) Peserta Didik dalam Belajar. Jurnal Studi Islam dan Sosial, 3(1), 63-69.

Razak, F., & Sutrisno, A.B. (2017) Analisis Tingkat Berpikir Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele Ditinjau dari Gaya Kognitif. EDUMATICA: Jurnal Pendidikan Matematika. 07(02), 22-29.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.