PROFIL LITERASI STATISTIK SISWA SMP NEGERI 2 SURAKARTA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA

Kesia Rosita Dewi, Budi Usodo, Arum Nur Wulandari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana profil literasi statistik siswa SMP Negeri 2 Surakarta yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX SMP Negeri 2 Surakarta tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 6 orang. Subjek dipilih dengan teknik purposive sampling yaitu criterian sampling dengan melihat gaya belajar siswa yaitu visual, auditorial, dan kinestetik Teknik pengumpulan data dengan metode angket, tes, dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi metode dan sumber. Teknik analisis data dengan mengorganisasi data, mereduksi data, dan menginterpretasi data. Hasil penelitian literasi statistik siswa dengan gaya belajar visual yaitu: (1) mampu membaca data dan mengidentifikasi informasi yang disajikan dalam data; (2) mampu menafsirkan dan menyimpulkan data dalam bentuk tabel, diagram batang, dan diagram lingkaran namun tidak mampu dalam bentuk diagram garis. Literasi statistik siswa dengan gaya belajar auditorial yaitu: (1) mampu membaca data dan mengidentifikasi informasi yang disajikan dalam data; (2) mampu menafsirkan dan menyimpulkan data dalam bentuk tabel, diagram batang, dan diagram lingkaran namun tidak mampu dalam bentuk diagram garis. Literasi statistik siswa dengan gaya belajar kinestetik yaitu: (1) mampu membaca data dan mengidentifikasi informasi yang disajikan dalam data; (2) mampu menafsirkan dan menyimpulkan data dalam bentuk tabel, diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran.

Keywords

Gaya belajar, literasi statistik, pembelajaran statistika, statistika.

Full Text:

PDF

References

Kemendikbud. (2016). “KBBI Daring”, dalam https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/data, diakses 13 Januari 2020.

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2017). Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Schield, M. (2010). “Statistical Literacy : A Short Introduction”, dalam http://www.statlit.org/pdf/2010Schield-StatLit-Intro4p.pdf, diakses 25 Januari 2020.

Hafiyusholeh, M. (2015). Literasi Statistik dan Urgensinya bagi Siswa. Wahana, 64(1), 1 – 8.

Weiland, T. (2017). Problematizing statistical literacy: An intersection of critical and statistical literacies. Educational Studies in Mathematics, 96(1), 33-47. Diperoleh 3 Juli 2020, dari https://eric.ed.gov/?id=EJ1150307

Mahdiansyah, & Rahmawati. (2014). Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(4), 452-469.

Sproesser, U., Kuntze, S., & Engel, J. (2014). A Multilevel Perspective on Factors Influencing Students' Statistical Literacy. International Conference on Teaching Statistics, hlm. 1–6. Arizona: International Association for Statistical Education (IASE).

Mahmud, Z., Ibrahim, N. M., Sapri, S., & Ahmad, S. (2016). Students’ Learning Styles and Preferences In Learning Selected Statistical Topics Based On Interview and Multidimensional Scaling Technique. IJAEDU: International E-Journal of Advances in Education, 2(4), 5-13. Diperoleh 3 Juli 2020, dari https://www.semanticscholar.org/

Syarifuddin, A. (2011). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 115 – 136.

Christou, N., & Dinov, I. D. (2010). A Study of Students’ Learning Styles, Discipline Attitudes and Knowledge Acquisition in Technology-Enhanced Probability and Statistics Education. Journal of Online Learning and Teaching, 6(3), 546-572. Diperoleh 8 September 2020, dari https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/21603097/

Bire, A. L., Geradus, U., & Bire, J. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 44(2), 168-174.

Grinder, J., & Bandler, R. (1981). Trance-Formations: Neuro-Linguistic Programming and the Structure of Hypnosis. Utah: Real People Press.

Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(1), 7 – 21.

Mulya, N. (2018). Kemampuan Literasi Statistik dan Resiliensi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal PISA. Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Hafiyusholeh, M. (2017). Literasi Statistik: Siswa SMA dalam Membaca, Menafsirkan, dan Menyimpulkan Data. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami), hlm. 79–85. Surabaya: UIN Sunan Ampel.

Cesur, M., & Fer, S. (2009). What Is Validity and Reliability Study of Learning Style Survey? Journal of Theory and Practice in Education, 5(2): 289-315. Diperoleh 5 Juni 2020, dari https://dergipark.org.tr/en/download/article-file/63240

Mufidah, L. L. (2017). Memahami Gaya Belajar untuk Meningkatkan Potensi Anak. Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak, 1(2), 245 – 260.

Mufidah, L. L. (2017). Memahami Gaya Belajar untuk Meningkatkan Potensi Anak. Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak, 1(2), 245 – 260.

Stevens, D. P. (2013). Assessing The Effects of Learning Style in Business Statistics. Int. J. Innovation and Learning, (13)3, 268-283. Diperoleh 15 September 2020, dari http://www.inderscience.com/offer.php?id=52897.

Noviasari, E. (2017). Efektivitas Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Melatih Literasi Statistik Siswa SMP pada Materi Statistika Kelas VII. Skripsi. Tidak diterbitkan. UIN Sunan Ampel: Surabaya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.