EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DIPADUKAN DENGAN PICTURE AND PICTURE PADA MATERI SISTEM PERTIDAKSAMAAN KUADRAT DUA VARIABEL DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SUKOHARJO

Didik Ramadhan Maulana, Ira Kurniawati, Dyah Ratri Aryuna

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran model pembelajaran mind mapping dipadukan dengan picture and picture dan model pembelajaran langsung terhadap prestasi belajar matematika dilihat dari aktivitas belajar matematika siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2019/2020. Sampel yang digunakan adalah 2 kelas dimana kelas eksperimen terdapat 36 siswa dan kelas kontrol terdapat 36 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah instrumen tes prestasi belajar dan angket aktivitas belajar matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, kemudian dilakukan uji lanjut pasca anava yaitu uji komparasi ganda dengan menggunakan metode Scheffe. Hasil penelitian ini didapat bahwa (1) model pembelajaran Learning mind mapping dipadukan dengan picture and picture memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran langsung, (2) siswa dengan aktivitas belajar matematika tinggi memiliki prestasi belajar yang sama baiknya dengan siswa aktivitas belajar matematika sedang serta siswa dengan aktivitas belajar matematika tinggi memiliki prestasi belajar matematika lebih baik dari pada siswa dengan aktivitas belajar matematika rendah, (3) tidak ada interaksi antara masing-masing model pembelajaran dengan tingkatatan aktivitas belajar matematika siswa terhadap prestasi belajar siswa pokok bahasan sistem pertidaksamaan kuadrat dua variabel.

Full Text:

PDF

References

Hanifah, Pargito, & Sumadi. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Clam Shell Learning pada Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Studi Sosial, 1(1), 1-13.

Fatmawati, H., Mardiyana, & Triyanto. (2014). Analisis berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan langkah polya pada pokok bahasan persamaan kuadrat (penelitian pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sragen tahun pelajaran 2013/2014). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9), 899-810. Diperoleh 25 Desember 2018, dari

https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/4830.

Trianto. (2011). Model-Model Pembelajaran Berorientasi Konstruktivistik: Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Shihusa, H., & Keraro, F. N. (2011). Using Advance Organizers to Enhance Students’ Motivation in Learning Biology. Eurasia Journal of Mathrmatics, Science and Technology Education, 5(4), 413-420.

Mahmudin. (2012). “Pembelajaran Berbasis Peta Pikiran (Mind Mapping)”, dalam http://mahmudin.wordpress.com/, diakses 25 Desember 2018.

Prayudi (2013). “Mind Mapping”, dalam http://prayudi.wordpress.com/mind-mapping/, diakses 25 Desember 2018.

Liu, Y. & Zhao, G. (2014). The Effect of Mind Maping on Teaching and Learning: A Meta-Analysis. Standart Journal of Education and Essay, 2(1), 17-31.

Nurafifaeni, Aliefah. (2018). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Mind Mapping pada Materi Fungsi ditinjau dari Kreativitas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Solusi, 2(3), 179-186. Diperoleh 25 Desember 2018, dari

https://jurnal.uns.ac.id/JMMS/article/view/20664/16258.

Riyanto. (2013). “Model-Pembelajaran-kooperatif-tipe-picture-and-picture”, dalam

https://zaifbio.wordpress.com/2013/04/05/model-pembelajaran-kooperatif-tipe-picture-to-picture/, diakses 25 Desember 2018.

Budiyono. (2018). Statistika Untuk Penelitian Edisi. Surakarta: UNS Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.