Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika dan Minat Belajar Siswa (Penelitian Dilakukan di Kelas VIII F SMP Negeri 14 Surakarta)

Nindita Martatiana, Ira Kurniawati, Getut Pramesti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika dan minat belajar siswa kelas VIII F SMP Negeri 14 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif. Validasi data dari pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan teknik triangulasi.

Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada pokok bahasan bangun ruang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika dan minat belajar. Berdasarkan hasil tes siklus II, jika dibandingkan dengan pemahaman konsep matematika sebelum tindakan diperoleh bahwa persentase siswa  yang telah mendapatkan skor 2 pada indikator menyatakan ulang sebuah konsep meningkat sebesar 62,5% menjadi 100%. Untuk indikator mengklasifikasikan obyek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya meningkat 5,515% menjadi 61,765%. Untuk indikator memberi contoh dan bukan contoh dari sebuah konsep meningkat 44,419% menjadi 85,294%. Untuk indikator menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis meningkat 51,103% menjadi 82,353%. Untuk indikator mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup suatu konsep meningkat 30,515% menjadi 61,765%. Dan pada indikator mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah meningkat 26,287% menjadi 79,412% siswa. Sedangkan hasil observasi diperoleh bahwa sebelum dilakukan tindakan persentase siswa dengan minat belajar pada kategori tinggi yaitu sebesar 48,88%. Pada siklus I meningkat sebesar 7% menjadi 55,88%. Pada siklus II meningkat sebesar 5,88% menjadi 61,76%.

Keywords

minat belajar, pemahaman konsep matematika, TPS

Full Text:

PDF

References

Umar Tirtarahardja. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Sri Wardhani. 2008. Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/ MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta : Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Hidayatul Hikmah, Mujiyem Sapti, dan Prasetiyo Budi Darmono. Peningkatan Minat dan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pembelajaran Tipe CORE pada Siswa Kelas VII. Purworejo : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Budiyono. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta : Universitas Sebelas Maret

Lexy J. Maleong. 1999. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.