EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PEMBERIAN PEKERJAAN RUMAH (PR) BERUMPAN BALIK PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI KEDISIPLINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 16 SURAKARTA

Priska Adisti, Budiyono Budiyono, Dyah Ratri Aryuna

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pemberian PR yang bagaimanakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik, pemberian PR berumpan balik atau tidak berumpan balik pada materi operasi hitung bentuk aljabar. (2) manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik, peserta didik yang memiliki kedisiplinan tinggi, sedang atau rendah pada materi operasi hitung bentuk aljabar. (3) pada masing-masing pemberian PR berumpan balik dan tidak berumpan balik manakah kedisiplinan peserta didik yang menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik, kedisiplinan tinggi, sedang atau rendah pada materi operasi hitung bentuk aljabar. (4) pada masing-masing tingkat kedisiplinan peserta didik manakah pemberian PR yang menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik, PR berumpan balik atau tidak berumpan balik pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode tes, dan metode angket. Uji coba instrument tes dan angket dilaksanakan di SMP N 1 Grogol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan sel tak sama. Uji persyaratan analisis adalah uji normalitas dengan metode Liliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran matematika dengan pemberian PR tidak berumpan balik menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada pemberian PR berumpan balik pada materi operasi hitung bentuk aljabar. (2) Tingkat kedisiplinan peserta didik tidak mempengaruhi prestasi belajar matematika peserta didik pada materi operasi hitung bentuk aljabar. (3) Pada masing-masing pemberian PR, tingkat kedisiplinan peserta didik tidak mempengaruhi[...]

Keywords

Pemberian PR, Umpan Balik, Kedisiplinan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.