ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FAKTORISASI SUKU ALJABAR BERDASARKAN KESULITAN BELAJAR FAKTOR INTELEKTUAL SISWA PADA KELAS VIII B SMP N 8 SURAKARTA

Novita Puspita Ayu, Ponco Sujatmiko, Getut Pramesti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematika siswa yang memiliki kesulitan belajar rendah, sedang dan tinggi dalam menyelesaikan soal faktorisasi suku aljabar pada kelas VIII B SMP N 8 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, subjek penelitian ditentukan melalui purposive sampling. Subjek pada penelitian ini adalah 6 orang siswa kelas VIII B SMP Negeri 8 Surakarta yang terbagi kedalam 3 kelompok, yaitu kelompok kesulitan belajar rendah, sedang, dan tinggi dengan tiap kelompok terdiri dari 2 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa yang memiliki kesulitan belajar faktor intelektual rendah telah mampu menguasi sebagian besar indikator yang telah ditetapkan, hanya satu indikator yang belum dikuasainya yaitu pada menentukan variabel. (2) Siswa yang memiliki kesulitan belajar faktor intelektual sedang telah mampu menguasi sebagian besar indikator yang telah ditetapkan, namun terdapat indikator yang belum dikuasainya yaitu pada menentukan variabel dan ada beberapa indikator yang belum lnacar dikuasainya. (3) Siswa yang memiliki kesulitan belajar faktor intelektual tinggi telah mampu menguasai hingga menentukan contoh soal bentuk aljabar dan siswa belum mampu menguasai indikator menyatakan suatu operasi, menyelesaikan berbagai bentuk aljabar, mengoperasikannya serta penggunaannya.

Keywords

pemahaman konsep, kesulitan belajar, faktor intelektual, analisis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.