ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 8 SURAKARTA DALAM MEMECAHKAN MASALAH LINGKARAN DITINJAU DARI GENDER DAN KEMAMPUAN AWAL
Abstract
TujuanĀ penelitian ini adalah mengetahui (1) kemampuan berpikir kritis siswa laki-laki dengan kemampuan awal tuntas dan tidak tuntas KKM pada kelas VIII A SMP Negeri 8 Surakarta dalam memecahkan masalah lingkaran (2) kemampuan berpikir kritis siswa perempuan dengan kemampuan awal tuntas dan tidak tuntas KKM pada kelas VIII A SMP Negeri 8 Surakarta dalam memecahkan masalah lingkaran. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ditentukan melalui purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan metode wawancara. Validitas data dilakukan dengan triangulasi waktu. Analisis data dilakukan melalui langkah 1) Reduksi data. (2) Penyajian Data. (3) Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil: (1) Siswa laki-laki dengan kemampuan awal tuntas dan tidak tuntas KKM mampu menggambarkan permasalahan yang diberikan dalam bentuk geometri dan mampu menuliskan apa yang ditanyakan pada soal dengan jelas dan tepat sehingga mereka telah mampu melakukan tahap interpretasi pada permasalahan yang diberikan (2) Siswa perempuan dengan kemampuan awal tuntas dan tidak tuntas KKM mampu menggambarkan permasalahan yang diberikan dalam bentuk geometri, menuliskan apa yang ditanyakan pada soal dengan jelas dan tepat, menuliskan hubungan konsep-konsep yang digunakan, menuliskan apa yang harus dilakukan, melakukan penyelesaian, menarik kesimpulan secara logis, menduga alternatif lain, menuliskan hasil akhir serta memberikan alasan tentang kesimpulan yang diambil, sehingga mereka telah mampu melakukan tahap interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi dan eksplanasi pada permasalahan yang diberikan
Keywords
kemampuan berpikir kritis, gender, kemampuan awal, lingkaran
Refbacks
- There are currently no refbacks.