EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TSTS PADA MATERI SPLDV DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 20 SURAKARTA

Landyasari Riffyanti, Budiyono Budiyono, Dyah Ratri Aryuna

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) manakah model pembelajaran yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik, model pembelajaran TSTS atau model pembelajaran langsung pada materi SPLDV; (2) gaya belajar siswa manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik, gaya belajar auditorial, visual, atau kinestetik pada materi SPLDV; (3) pada masingmasing model pembelajaran, gaya belajar manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika siswa yang lebih baik, gaya belajar auditorial, visual, atau kinestetik pada materi SPLDV; (4) masing-masing gaya belajar siswa, model manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik, model pembelajaran TSTS atau model pembelajaran langsung pada materi SPLDV. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Surakarta tahun ajaran 2017/ 2018. Sampel yang digunakan terdiri dari dua kelas, kelas VIII H sebagai kelas eksperimen dan VIII G sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMP Negeri 2 Baki. Teknik pengumpulan datanya adalah metode dokumentasi, metode tes, dan metode angket. Teknik analisis datanya adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, kemudian dilakukan uji pasca anava, yaitu uji komparasi ganda dengan metode Scheffe. Persyaratan analisis, yaitu populasi berdistribusi normal dengan uji Lilliefors dan variansi yang sama (homogen) dengan metode Bartlett. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran TSTS lebih baik daripada model pembelajaran langsung;[.....]

Keywords

model Two Stay Two Stray, gaya belajar, Sistem Persamaan Linear DuaVariabel.

Full Text:

PDF

References

BSNP. (2016). Data Hasil Ujian Nasional PAMER UN 2015-2016. Jakarta. [2] Alabekee, E., C., dkk. (2015). Effect Of Cooperative Learning Strategy On Students Learning Experience and Achievements in Mathematics. International Journal of Education Learning and Development, 3 (4), 6775. [3] Suprijono, A. (2014). Cooperative Learning-Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar. [4] Yulianto, A. A. (2014). Penerapan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) pada Siswa Kelas XI Teknik Permesinan SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi (Online). Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta. [5] Gilakjani, A. P. (2012). Visual, Auditory, Kinaesthetic Learning Styles and Their Impacts on English Language Teaching. Journal of Studies in Education, 2(1), 104-113. [6] Hartati, L. (2015). Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif Universitas Indraprasta PGRI, 3(3), 224-235. [7] Sutikno, M. S. (2013). Belajar dan Pembelajaran Upaya Kreatif dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Berhasil. Lombok: Holistica. [8] Budiyono. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: UNS Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.