PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS VIDEO TUTORIAL DALAM PROGRAM KOMPUTER PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X IPS SMA NEGERI 6 SURAKARTA

Puguh Sri Pambudi, Ponco Sujatmiko, Dhidhi Pambudi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan media pembelajaran yang valid, efektif digunakan pada pembelajaran, dan memberikan nilai pengetahuan trigonometri yang lebih baik pada kelas X IPS SMA Negeri 6 Surakarta. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Terdapat 3 kelas yang digunakan dalam penelitian yaitu kelas X IPS 3 sebagai ahli siswa, kelas X IPS 5 sebagai kelas kontrol, dan X IPS 1 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, angket, dan tes pengetahuan. Analisis data meliputi uji validitas, efektivitas, dan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa: (1) Media pembelajaran matematika berbasis video tutorial pada materi trigonometri kelas X IPS SMA ini merupakan media pembelajaran yang valid. Hal ini berdasarkan hasil penilaian dari ahli materi, ahli media, dan siswa pada media pembelajaran adalah baik dan sudah tidak ada lagi saran perbaikan yang perlu dilakukan, (2) Media pembelajaran matematika berbasis video tutorial pada materi trigonometri kelas X IPS SMA efektif digunakan dalam pembelajaran pada materi trigonometri kelas X untuk tiga KD pertama. Hal ini berdasarkan uji keefektifan diperoleh 84% siswa memenuhi 80% dari sasaran, dan (3) Nilai pengetahuan peserta didik yang menggunakan media pembelajaran pada materi trigonometri lebih baik dari pada yang tidak menggunakan media pembelajaran yang telah dikembangkan.


Keywords

ADDIE, Video Tutorial, Trigonometri.

Full Text:

PDF

References

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Azhar, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Graja Grafindo Persada.

Sulistyo, E., Sunarni., Widodo., Jumianto. (2011). Media pendidikan dan Pembelajaran di kelas. Surakarta: UNS Press.

Molenda, M. & Janueszewski, A. (2008). Education

Technology : A Definition with commentary. New York: Lawrence Erlbaum Assosiates.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. (2005).The Systematic Design of Instructionm (6 𝑡 ℎ

ed). New York: Longman.

Kemp, J. E. (1994). The Instructional Design Process: Proses Perancangan Pengajaran. Terj. Asril Marjohan. Bandung: ITB.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.