Penerapan Model Pembelajaran Discovery (Discovery Learning) untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII H SMP Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019

Putut Arinawati, Budi Usodo, Dyah Ratri Aryuna

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi tentang peningkatan kepercayaan diri dan hasil belajar siswa kelas VII H SMP Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2018/2019 setelah mengikuti pembelajaran menggunakan model discovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII H SMP Negeri 5 Surakarta yang berjumlah 30 siswa. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data kepercayaan diri, hasil belajar, dan keterlaksanaan pembelajaran. Indikator kinerja penelitian ini adalah: lebih dari 30% dari jumlah siswa di kelas telah mencapai kategori kepercayaan diri tinggi danlebih dari atau sama dengan 60% siswa memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 72 serta rata-rata kelas lebih dari atau sama dengan 72(memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum).

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: penerapan model discovery learning dapat meningkatkan kepercayaan diri kategori tinggi dari prasiklus dan siklus I yang besarnya 30% meningkat menjadi 33%pada siklus II dan penerapan model discovery learning dapat meningkatkan persentase siswa yang memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 72 yaitu sebesar 7% dari prasiklus kemudian meningkat menjadi 17% pada siklus I dan meningkat menjadi 63% pada siklus II serta nilai rata-rata kelas meningkat dari prasiklussebesar 55,73 menjadi 57,57 pada siklus I, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 73,33.

Keywords

hasil belajar, kepercayaan diri, model discovery learning, segiempat dan segitiga.

Full Text:

PDF

References

Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Mujiati. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Discovery Learning pada Materi Konsep Keliling dan Luas Bangun Datar Siswa kelas V A SD Negeri 009 Pulau Kijang Kecamatan Reteh. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, Vol. 6, No. 1, 179-189.

Mujiati. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Discovery Learning pada Materi Konsep Keliling dan Luas Bangun Datar Siswa kelas V A SD Negeri 009 Pulau Kijang Kecamatan Reteh. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, Vol. 6, No. 1, 179-189.

Fitri, E, dkk. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), Vol. 4, No. 1, 2502-8103.

Siahaan, F. B. (2017). Application of Discovery Learning Model for Solving System of Linear Equations Using GeoGebra. International Journal of Applied Engineering Research, Vol. 12, No. 19, 9195-9198.

Mulyasa. (2017). Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Amiyani, R., & Widjajanti, J. B. (2019). Self-Confidence and Mathematics Achievement Using Guided Using Discovery Learning in Scientific Approach. Journal of Physics: Conference Series, 1-6.

Haryani, Y dan Setialesmana, D. (2017). Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematik. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 8, No. 1, 43-52.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.