Penerapan Model Pembelajaran Discovery (Discovery Learning) untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII H SMP Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi tentang peningkatan kepercayaan diri dan hasil belajar siswa kelas VII H SMP Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2018/2019 setelah mengikuti pembelajaran menggunakan model discovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII H SMP Negeri 5 Surakarta yang berjumlah 30 siswa. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data kepercayaan diri, hasil belajar, dan keterlaksanaan pembelajaran. Indikator kinerja penelitian ini adalah: lebih dari 30% dari jumlah siswa di kelas telah mencapai kategori kepercayaan diri tinggi danlebih dari atau sama dengan 60% siswa memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 72 serta rata-rata kelas lebih dari atau sama dengan 72(memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum).
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: penerapan model discovery learning dapat meningkatkan kepercayaan diri kategori tinggi dari prasiklus dan siklus I yang besarnya 30% meningkat menjadi 33%pada siklus II dan penerapan model discovery learning dapat meningkatkan persentase siswa yang memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 72 yaitu sebesar 7% dari prasiklus kemudian meningkat menjadi 17% pada siklus I dan meningkat menjadi 63% pada siklus II serta nilai rata-rata kelas meningkat dari prasiklussebesar 55,73 menjadi 57,57 pada siklus I, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 73,33.
Keywords
References
Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Mujiati. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Discovery Learning pada Materi Konsep Keliling dan Luas Bangun Datar Siswa kelas V A SD Negeri 009 Pulau Kijang Kecamatan Reteh. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, Vol. 6, No. 1, 179-189.
Mujiati. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Discovery Learning pada Materi Konsep Keliling dan Luas Bangun Datar Siswa kelas V A SD Negeri 009 Pulau Kijang Kecamatan Reteh. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, Vol. 6, No. 1, 179-189.
Fitri, E, dkk. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), Vol. 4, No. 1, 2502-8103.
Siahaan, F. B. (2017). Application of Discovery Learning Model for Solving System of Linear Equations Using GeoGebra. International Journal of Applied Engineering Research, Vol. 12, No. 19, 9195-9198.
Mulyasa. (2017). Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Amiyani, R., & Widjajanti, J. B. (2019). Self-Confidence and Mathematics Achievement Using Guided Using Discovery Learning in Scientific Approach. Journal of Physics: Conference Series, 1-6.
Haryani, Y dan Setialesmana, D. (2017). Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematik. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 8, No. 1, 43-52.
Refbacks
- There are currently no refbacks.