Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Geometri Berdasarkan Langkah Polya Ditinjau dari Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 2 Plupuh Tahun 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menguasai satu, dua, atau tiga macam representasi matematis berdasarkan langkah Polya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian terdiri dari enam siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Plupuh Sragen yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Penentuan subyek didasarkan pada dua kriteria yaitu menguasai satu, dua, atau tiga macam representasi matematis dan sudah mempelajari materi segitiga dan segiempat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dan wawancara. Data divalidasi dengan menggunakan teknik triangulasi metode. Berdasarkan analisis data, terdapat perbedaan-perbedaan kemampuan subyek dalam memecahkan masalah dengan langkah Polya, khususnya langkah pertama, kedua, dan ketiga. Subyek yang menguasai tiga macam representasi matematis mampu menjelaskan semua hal yang diketahui di soal; memilih sebagian besar konsep, menyusun sebagian besar strategi pemecahan masalah, dan menyatakan sebagian besar hal-hal yang ditanyakan ke bentuk lain dengan tepat; menjalankan strategi pemecahan dengan proses yang tepat namun hasil akhir tidak tepat dan tidak memeriksa langkah-langkah pemecahan masalah. Sedangkan subyek yang menguasai satu macam representasi matematis hanya menjelaskan beberapa hal yang diketahui di soal; memilih sebagian besar konsep, menyusun sebagian besar strategi pemecahan masalah dan menyatakan sebagian besar hal-hal yang ditanyakan ke bentuk lain dengan tidak tepat; menjalankan strategi pemecahan masalah namun proses dan hasil tidak tepat, serta tidak memeriksa langkah-langkah pemecahan masalah. Subyek yang menguasai dua macam representasi matematis memiliki kemampuan hampir sama dengan subyek yang menguasai satu macam representasi matematis.
Keywords
References
Mulyono, A. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Nisa’, H. M., Sa’dijah, C., & Qohar, A. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMK Bergaya Kognitif Field Dependent, Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika, dalam http://jurnal.fkip.uns.ac.id diakses 23 April 2018
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016. lampiran hlm. 116
Hariati, N & Susanah. Representasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Kemampuan Matematika Di SMPN 5 Sidoarjo. 3(5): 378 – 386
Dahlan, G. A. & Juandi, D. (2011). Analisis Representasi Matematik Siswa Sekolah Dasar Dalam Penyelesaian Masalah Matematika Kontekstual. Jurnal Pengajaran MIPA, dalam
https://www.researchgate.net/publication/291221043 diakses 24 Mei 2018
Pape, S. J. & Tchoshanov, M. A. (2011). The Role of Representation(s) in Developing Mthematical Understanding. Theory into Practice, 40(2): 118 – 127. Diperoleh 25 Juli 2018 dari http://www.jstor.org
Villegas, J. L., dkk. (2009) Represetations in Problem Solving: A Case Study with Optimization Problems. Electronic Journal of Research in Educational Psychology, 7(1): 279 – 308. Diperoleh 25 Juli 2018 dari https://www.researchgate.net/publication/254943612_Representations_in_problem_solving_A_case_study_with_optimization_problems
Munalikatasari, Dita A. & Rosyidi, Abdul H. (2016). Representasi Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Kemampuan Matematika, dalam https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/18518/16893 diakses 16 Mei 2018
Tyas, W. H., Sujadi, I. & Riyadi. (2016). Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Aritmatika Sosial dan Perbandingan Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(8): 781 – 792 dalam http://jurnal.fkip.uns.ac.id diakses 24 Mei 2018.
Godino, J. D. & Font, V. (2010). The Theory of Representations as Viewed from The Onto-Semiotic Approach to Mathematics Education. Mediterranean Journal for Research in Mathematics Education, 9(1): 189 – 210. Diperoleh 25 Juli 2018 dari https://www.ugr.es
Refbacks
- There are currently no refbacks.