Article template
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Divisions dengan Pendekatan Scientific sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Relasi dan Fungsi
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dan mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dengan pendekatan scientific. Hasil belajar matematika mencakup ranah sikap, ranah pengetahuan, ranah keterampilan. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas X IS 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo. Data penelitian hasil belajar ranah sikap diperoleh melalui teknik observasi, penilaian diri, dan penilaian antarteman, hasil belajar ranah pengetahuan dan keterampilan diperoleh dengan tes. Validasi data hasil belajar ranah sikap melalui teknik observasi adalah dengan triangulasi penyidik. Indikator keberhasilan hasil belajar ranah sikap adalah setidaknya 75% dari total siswa memperoleh nilai Sangat Baik (SB) dan tidak ada siswa yang memperoleh nilai kurang dari Baik (B) sedangkan indikator keberhasilan ranah pengetahuan dan keterampilan adalah setidaknya 75% dari total siswa memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan B+ dan tidak siswa yang memperoleh nilai kurang dari B-. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan scientific adalah sebagai berikut: Siswa dibagi dalam kelompok heterogen dengan 4 anggota kemudian mencermati bacaan atau permasalahan relasi dan fungsi pada LKS sehingga siswa memperoleh pengalaman belajar mengamati. Siswa diberi kesempatan bertanya sehingga mengalami pengalaman menanya. Siswa berdiskusi mengerjakan LKS dan menggunakan referensi sebagai tambahan informasi sehingga memperoleh pengalaman menggali informasi. Siswa mengerjakan dan menyimpulkan pekerjaan LKS menyatukan pendapat anggota kelompok sehingga memperoleh pengalaman mengasosiasi kemudian siswa mengkomunikasi melalui presentasi. Siswa mengerjakan kuis individu selanjutnya guru memberikan penghargaan kelompok.
Keywords
References
Kementeri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Panduan Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar.
Imas Kurniasih & Berlin Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 (Konsep dan Penerapan). Surabaya : Kata Pena.
Slavin. 2005. Cooperatuve Learning, Teori, Riset dan Praktik. Terj. Narulita Yusron. Bandung: Nusa Media
Refbacks
- There are currently no refbacks.