Profil Kemampuan Siswa Kelas XI dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Program Linear ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif di SMA N 4 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017

Endah Saputri Saputri, Ponco Sujatmiko, Yemi Kuswardi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan siswa dengan gaya kognitif reflektif dan siswa dengan gaya kognitif impulsif dalam menyelesaikan masalah pada materi program linear. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan metode tes dan wawancara berbasis tugas pada materi program linear. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 orang siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 4 Surakarta yang terdiri dari 2 orang siswa dengan gaya kognitif reflektif dan 2 orang siswa dengan gaya kognitif impulsif yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan instrumen bantu berupa tes MFFT. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model Miles and Huberman  yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validasi data dilakukan dengan triangulasi metode. Hasil penelitian ini adalah: (1) siswa dengan gaya kognitif reflektif mempertimbangkan strategi atau cara yang mungkin dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah sesuai dengan konsep dengan waktu yang cenderung lama, (2) siswa dengan gaya kognitif impulsif menggunakan strategi yang saat itu terlintas sehingga tidak melalui pertimbangan dan cenderung tidak teliti, tergesa-gesa dan menggunakan waktu yang relatif singkat.

Keywords

masalah; menyelesaikan masalah; gaya kognitif reflektif-impulsif

Full Text:

PDF

References

Munandar, U. 1999. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT. Gramedia.

Depdiknas. 2006. Permediknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Krulik, S., & Rudnick, J. A. 1995. Problem Solving a Handbook for Elementary School Teachers. Boston: Temple University.

Stenberg, R. J., & Elena L. G. 1997. “Are Cognitive Style Still in Style?”. American Psychologist Association, Volume 52, Number 7, pp 700-712.

Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahmatina, S., Sumarmo, U., & Johar, R. 2014. Tingkat Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Didaktik Matematika, I(1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.