Eksperimentasi Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Berbantuan Kartu Masalah pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Viii SMP Negeri 24 Surakarta

Hasnah Ayu, Budiyono Budiyono, Laila Fitriana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MMP berbantuan kartu masalah terhadap prestasi belajar ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah anava dua jalan dengan sel tak sama, kemudian dilakukan uji lanjut pasca anava dengan uji komparasi ganda menggunakan metode Scheffe. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1)pembelajaran matematika dengan model pembelajaran MMP berbantuan kartu masalah menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung pada materi SPLDV,(2)siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi mempunyai prestasi belajar lebih baik dibandingkan siswa dengan kemampuan berpikir kritis sedang dan rendah, sedangkan siswa dengan kemampuan berpikir kritis sedang mempunyai prestasi belajar yang sama baiknya dengan siswa kemampuan berpikir kritis rendah,(3)tidak ada pengaruh antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa.

Keywords

model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP); kartu masalah; kemampuan berpikir kritis; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References

Faradhila, dkk. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) pada Materi Pokok Luas Permukaan serta Volume Prisma dan Limas Ditinjau dari Kemampuan Spasial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Diperoleh pada 20 Desember 2017, dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id.

Krismanto. (2015). Beberapa Teknik, Model, dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas.

Muslich, M. (2011). Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.

Andrini, V.S. (2016). TheEffectiveness of Inquiry Learning Method to Enhance Students’ Learning Outcome: A Theoritical and empirical Review. Journal of Education and Practice, 7 (3): 38-42.

Kristina, E. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran PBL terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Kelas X di SMAN 22 Surabaya. Jurnal penelitian pendidikan. Diperoleh pada 16 Desember 2017.

Tirtonegoro, S. (2001). Anak Super Normal dan Program Pendidikannya. Jakarta: Bina Aksara.

Istianah, E. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika

Refbacks

  • There are currently no refbacks.