Penerapan Model Pembelajaran Numberred Heads Together dengan Pendekatan Problem Solving untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Xi Akuntansi 1 Smk Ma’arif Tunjungan BLORA

Alifiandy Dhanu Murti, Sutopo Sutopo, Getut Pramesti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Numberred Heads Together (NHT) dengan pendekatan problem solving yang dapat meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI Akuntansi 1 SMK Ma’arif Tunjungan Blora. Subyek penelitian terdiri dari 23 siswa kelas XI Akuntansi 1. Sumber data berasal dari guru dan siswa, dimana data kemandirian belajar diperoleh dari observasi selama pembelajaran dan data kemampuan pemecahan masalah diperoleh dari tes siklus. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi penyidik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Persentase hasil kemandirian belajar pada penelitian ini yaitu 74,39%, dimana persentase keberhasilan kemandirian belajar penelitian ini sebesar 60%. Persentase kemampuan pemecahan masalah matematika pada akhir penelitian diperoleh sebesar 30,41%, dimana persentase keberhasilan kemampuan pemecahan masalah matematika pada penelitian ini sebesar 30%.

Keywords

Numberred Heads Together, problem solving; kemandirian belajar; kemampuan pemecahan masalah matematika

Full Text:

PDF

References

Masrun. 1986. Studi Mengenai Kemandirian Pada Penduduk di tiga Suku, Laporan Penelitian Kantor Menteri Negara dan Lingkungan Hidup. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Song, L & Hill, J. R. (2007). A Concepual Model for Unsderstanding Self-Directed Learning in Online Environments. Journal of Interactive Online Learning. Volume 6, Number 1 (27-42).

Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Thobroni, M & Mustofa, A. 2013. Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slavin, R.E. (2014). Cooperative Learning and Academic Achievement : Why Does Groupwork work ?. International Journal of University of York, England. Vol.30.785-791.

Muslimin, I. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Erman, S., dkk. 2001. Common textbook: Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.

Polya, G (1973). How to Solve It – A New Aspect of Mathematical Method ( Second Edition). New Jersey: Princeton University Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.