Proses Berpikir Siswa Sekolah Menengah Atas dalam Memecahkan Masalah Trigonometri Ditinjau Dari Kecerdasan Logis-Matematis Siswa pada Kelas X Mia 2 SMA Mta Surakarta

Joko Martono, Budiyono Budiyono, Dyah Ratri Aryuna

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir siswa dengan kecerdasan logis-matematis rendah, sedang dan tinggi dalam menyelesaikan soal matematika pada pokok bahasan trigonometri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, triangulasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Pada tahapan memahami masalah siswa dengan kecerdasan logis-matematis rendah, sedang, maupun tinggi membaca permasalahan, menentukan informasi serta mengaitkan hal yang diketahui dan ditanyakan (2) Pada tahapan menentukan rencana penyelesaian siswa dengan kecerdasan logis-matematis tinggi mengaitkan hal yang diketahui dan ditanyakan, menjelaskan dan menentukan konsep trigonometri yang dipakai, namun siswa dengan kecerdasan logis-matematis sedang dan rendah kurang tepat dalam menerapkan konsep trigonometri (3) Pada tahapan melaksanakan rencana penyelesaian siswa menjalankan langkah-langkah penyelesaian masalah dan memperoleh jawaban, namun jawaban siswa dengan kecerdasan logis-matematis sedang dan rendah kurang sempurna (4) Pada tahapan memeriksa kembali jawaban siswa tidak memeriksa kembali langkah pemecahan masalah.

Keywords

Proses berpikir; menyelesaikan masalah; kecerdasan logis-matematis

Full Text:

PDF

References

Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

Suherman, E. (2002). Strategi Pembelajaran Matematika Kotemporer. Bandung: JICA-UPI

Carson, J. (2007). A Problem with A Problem Solving: Teaching without Teaching Knowledge. The Mathematic Educator. Volume 17 nomor 2, hal 7-14

] Polya, G. (1973). How To Solve It, Second Edition. New Jersey: Princeton University Press

Efendi, A. (2005). Revolusi Kecerdasan Abad 21. Bandung: Alfabeta

Amstrong, T. (2002). Seven Kinds Of Smart. Terj.T. Hermaya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka

Yaumi, M. (2013). Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence. Jakarta : Dian Rakyat

Wulandari, S. P. (2014). Profil Pemecahan Masalah Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Dengan Langkah Pemecahan Masalah Polya Ditinjau Dari Kecerdasan ogis Matematis Siswa. Skripsi Tidak Dipublikasi. Universitas Sebelas Maret

Mahardhikawati, E. (2014). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah berdasarkan Langkah-langkah Polya Materi Turunan Fungsi Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa. Skripsi Tidak Dipublikasi. Universitas Sebelas Maret

Mensah, F. S. (2017). Ghanaian Senior High School Student’s Error in Trigonometry Learning. International Journal of Environmental & Sciene Education. Volume 12. hal 1709-1717

Usman, N.H dan Hussaini, M.M (2017) . Analysis of Student’s Error inLearning Trigonometry Among Senior Secondary School. IOSR Journal of Mathematics. Volume 13. hal 1-4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.