Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa dan Ketuntasan Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together), kemandirian belajar siswa dan ketuntasan belajar siswa pada pokok bahasan aritmatika sosial di kelas VIIA SMP Muhammadiyah 04 Sambi Boyolali tahun pelajaran 2013/ 2014 dapat ditingkatkan. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru mata pelajaran matematika kelas VIIA serta dibantu oleh tiga pengamat. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah 04 Sambi Boyolali yang terdiri dari 32 siswa dengan kemampuan yang heterogen. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan.Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi dan tes kuis di setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian belajar dan ketuntasan belajar siswa pada pokok bahasan aritmatika sosial di kelas VIIA SMP Muhammadiyah 04 Sambi Boyolali setelah diadakan tindakan berupa pembelajaran dengan model kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together).
Keywords
References
Mudjiman, Haris. 2008. Belajar Mandiri. Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS dan UPT Penerbitan dan Pencetakan UNS (UNS Press)
Suprijono. Agus. 2011. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Arends, R. I. (2008). Belajar untuk Mengajar Edisi Ketujuh. Terj. Soetjipto H.P. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Buku Asli diterbitkan 2007)
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Moleong, Lexy J. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Miles, M. B dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif (Buku Sumber Tentang Metode – Metode Baru). Jakarta: UIP
Refbacks
- There are currently no refbacks.